Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dorong Industri Relokasi dekat Blok Tangguh

Lebih Efisien karena Suplai Gas Melimpah

Jumat, 12 Desember 2008 – 07:12 WIB
Dorong Industri Relokasi dekat Blok Tangguh - JPNN.COM
JAKARTA - Suplai gas dari lapangan Tangguh berpotensi melimpah. Itu mendorong pemerintah untuk mengarahkan sektor industri supaya merelokasi atau membangun pabrik di sekitar sumber gas.

Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro, kebijakan tersebut mengacu pada skema pengembangan industri LNG (liquid natural gas) di Arun (Aceh) dan Bontang (Kaltim). ''Dari pengalaman selama ini, seperti Arun dan Bontang, memang lebih efisien membangun pabrik pupuk atau industri lainnya di sekitar sumber gas,'' ujarnya di Jakarta Rabu malam (10/12).

Selama ini, kata Purnomo, sektor industri pupuk menjadi salah satu konsumen utama gas. Karena itu, pihaknya akan mendorong industri agar membangun pabrik di dekat lokasi Blok Tangguh yang terletak di Teluk Bintuni, Papua, tersebut. ''Ini kami usulkan ke (Departemen) Perindustrian,'' katanya.

Purnomo mencontohkan, saat ini, di dekat lokasi Arun dibangun pabrik Pupuk Iskandar Muda (PIM) dan Asean Aceh Fertilizer (AAF), sedangkan di Bontang ada Pupuk Kalimantan Timur (PKT).

JAKARTA - Suplai gas dari lapangan Tangguh berpotensi melimpah. Itu mendorong pemerintah untuk mengarahkan sektor industri supaya merelokasi atau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA