Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dorong UMKM ke Pasar Internasional, Pemerintah Komunikasi ke Dua e-Commerce Ini

Rabu, 17 Maret 2021 – 21:02 WIB
Dorong UMKM ke Pasar Internasional, Pemerintah Komunikasi ke Dua e-Commerce Ini - JPNN.COM
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan pemerintah dorong UMKM masuk pasar internasional. Foto: Humas Kemenkop dan UKM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, pemerintah tengah mendorong UMKM masuk pasar internasional.

Menurut dia, pemerintah saat ini mulai menjalin komunikasi dengan dua raksasa e-commerce dunia agar UMKM bisa berbisnis secara global.

"Kami sudah memulai pembicaraan dengan Alibaba dan Amazon," Teten dalam program khusus GenPi.co yaitu Logis Dialog Bisnis yang diselenggarakan di kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Rabu (17/3).

Menurut dia, UMKM perlu didukung mengenai pengiriman barang, karena pemesan di Alibaba dan Amazon dari luar negeri.

Misalnya, lanjut Teten, perusahaan penerbangan bisa memberikan keringanan biaya pengiriman barang, sehingga harga produk UMKM bisa bersaing.

"Kami juga perlu bantuan dari Garuda (maskapai penerbangan Garuda Indonesia-red), misalnya untuk keringanan pembiayaan pengiriman," ujar dia.

Selain itu, Teten mengaku, pemerintah juga terus mengajak pelaku usaha mikro bertransformasi dari bisnis konvensional menjadi daring.

Mengutip dari data Kemenkop UKM, hanya delapan juta UMKM yang terjun di bisnis daring per awal 2020.

Pemerintah pun tengah menjalin komunikasi dengan Alibaba dan Amazon, agar UMKM bisa berbisnis di dua raksasa e-commerce dunia itu. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close