Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Damping UMKM Awards 2024, Danone Indonesia Dorong Pertumbuhan-Inovasi Usaha Kecil

Selasa, 06 Agustus 2024 – 17:30 WIB
Damping UMKM Awards 2024, Danone Indonesia Dorong Pertumbuhan-Inovasi Usaha Kecil - JPNN.COM
Menyambut Hari UMKM Nasional, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Kampus Bisnis Umar Usman, dan didukung Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menggelar Damping UMKM Awards 2024. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Menyambut Hari UMKM Nasional yang diperingati pada 12 Agustus, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Kampus Bisnis Umar Usman, dan didukung Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menggelar Damping UMKM Awards 2024.

Ajang penghargaan ini bertujuan untuk menjaring dan mengapresiasi pelaku UMKM terbaik dari seluruh negeri yang telah berkreasi, berinovasi, menginspirasi dan memberikan dampak, serta memperkenalkan produk-produk unggulan mereka.

Mengangkat tema “UMKM Berprestasi, Ciptakan Kolaborasi”, Damping UMKM Awards 2024 merupakan ajang penghargaan pertama kalinya yang dihelat oleh Damping, sebuah program yang diinisiasi oleh Danone Indonesia bersama Kampus Bisnis Umar Usman sejak 2020 yang berfokus pada pengembangan UMKM.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki 65,5 juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sebagai pilar penting pembangunan, UMKM berkontribusi besar bagi perekonomian bangsa.

Sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar 61% atau senilai Rp 9.580 triliun, sementara kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai 97% dari total tenaga kerja.

Bank Dunia pada 2023 memproyeksikan, dalam tiga tahun ke depan ekonomi Indonesia tumbuh lebih dari 0,1% setiap tahunnya, dan UMKM sebagai penggerak ekonomi Indonesia akan bertambah mencapai 83,3 juta pelaku pada 2034.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Danone atas inisiatif yang telah dilakukan seperti program Damping Awards 2024 karena telah memberikan motivasi bagi para pelaku UMKM untuk terus bertumbuh. Kami berharap, para pelaku UMKM yang telah bertumbuh tidak berhenti bertumbuh sendiri, melainkan juga berkenan untuk sharing dan melakukan pendampingan bagi para pelaku UMKM lainnya, karena berdasarkan data kami UMKM yang didampingi ini lebih punya peluang berhasil daripada yang tidak didampingi. Kami berharap, program pendampingan dapat membantu para pelaku usaha mikro meningkat menjadi pelaku usaha kecil. Dengan pertumbuhan tersebut, kami berharap para pelaku UMKM dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan Indonesia Emas” kata Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim mewakili Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam acara Damping Awards 2024.

Sambut Hari UMKM Nasional, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Kampus Bisnis Umar Usman, dan didukung Kemenkop UKM menggelar Damping UMKM Awards 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA