Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dorong UMKM Naik Kelas, Begini Strategi yang Dilakukan Bea Cukai

Jumat, 17 Maret 2023 – 23:27 WIB
Dorong UMKM Naik Kelas, Begini Strategi yang Dilakukan Bea Cukai - JPNN.COM
Bea Cukai Banjarmasin bersama dengan Rumah BUMN BNI melaksanakan asistensi ekspor para penggiat UMKM Kalimantan Selatan, pada Selasa (14/3). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, BANJARMASIN - Bea Cukai melaksanakan asistensi terkait ekspor kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kegiatan tersebut dilakukan bersama pemerintah serta juga pihak swasta.

“Sinergi Bea Cukai dengan pemerintah daerah dan pihak swasta ini bertujuan mendorong pelaku UMKM agar bisa ekspor," kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana melalui keterangan, Jumat (17/3).

Seperti yang dilakukan Bea Cukai Bandung berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi dan BNI Xpora Bandung mberikan sosialisasi kepada 20 pelaku UMKM di wilayah Kota Cimahi, Kamis (9/3).

Dalam kesempatan ini, Bea Cukai Bandung memberikan materi terkait tata laksana ekspor dan pengenalan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) industri kecil menengah (IKM).

Fasilitas KITE IKM adalah salah satu fasilitas yang diberikan Bea Cukai kepada pelaku IKM yang mengimpor bahan dari luar negeri untuk kemudian diolah dan hasilnya diekspor.

Perusahaan penerima fasilitas KITE IKM mendapatkan fasilitas, berupa pembebasan dari kewajiban membayar bea masuk, pajak pertambahan nilai (PPN), maupun pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Di wilayah lain, Bea Cukai Banjarmasin bersama dengan Rumah BUMN BNI melaksanakan asistensi ekspor para penggiat UMKM Kalimantan Selatan, pada Selasa (14/3).

Begini strategi yang dilakukan Bea Cukai untuk mendorong UMKM naik kelas dan tembus ke pasar internasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close