Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Dosen Unej Tersangka Pencabulan: Dipecat, Status PNS Terancam Hilang

Jumat, 16 April 2021 – 18:55 WIB
Dosen Unej Tersangka Pencabulan: Dipecat, Status PNS Terancam Hilang - JPNN.COM
Ilustrasi pencabulan. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - RH, tersangka pencabulan terhadap keponakannya sendiri resmi dibebastugaskan Universitas Jember (Unej).

RH sudah tidak bertugas sebagai Koordinator Program Magister (S-2) Program Studi Ilmu Administrasi Fisip Unej. Bahkan, statusnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) terancam hilang.

Hal itu merupakan rekomendasi tim investigasi yang dibuat oleh Rektor Unej Iwan Taruna. Dari hasil penelusuran dan bukti-bukti yang dihimpun tim, RH diduga melakukan pelanggaran berat.

"Sesuai pasal 27 PP No 53 tahun 2010 Tim Investigasi/Tim Pemeriksa memberikan rekomendasi kepada Rektor untuk membebastugaskan sementara RH dari jabatannya," kata Wakil Koordinator Humas Unej Rokhmad Hidayanto, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (16/4).

Rekomendasi itu sudah direspon Rektor Unej dengan mengeluarkan SK Nomor 6954/UN25/KP/2021 tentang pembebasan sementara dari tugas jabatan Koordinator Program Magister (S-2) Program Studi Ilmu Administrasi Fisip Universitas Jember.

Pembebastugasan RH, kata Rokhmad, sebagai upaya kampus mendukung penyelesaian kasus yang ditangani tim investigasi atau tim pemeriksa.

"Selain itu, juga dilatarbelakangi perkembangan status hukum RH yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Jember berdasarkan alat bukti yang mencukupi dan memadai," kata dia.

Namun, pembebastugasan RH dari posisinya ini masih bersifat sementara. Rokhmad mengatakan hal itu berlaku sampai dengan ditetapkannya hukuman.