Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPD Dalami Masalah 'Illegal Fishing'

Siap untuk Presentasi di Inggris

Rabu, 19 Mei 2010 – 21:41 WIB
DPD Dalami Masalah 'Illegal Fishing' - JPNN.COM
Rapat di DPD RI terkait persoalan lingkungan kelautan termasuk masalah illegal fishing. Foto: Edwin Irawan/JPNN.
JAKARTA - Konsentrasi mengantisipasi kerusakan lingkungan di perairan Indonesia, kini menjadi topik hangat di tubuh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Apalagi karena sebagian besar mata pencaharian negeri berpenduduk 200 juta lebih ini sangat bergantung pada hasil perikanan.

Menurut Wakil Ketua DPD RI, Laode Ida, Rabu (19/5), masalah mendasar lingkungan hidup di perairan Indonesia sebenarnya terletak pada illegal fishing. Dan hal ini katanya, sudah berlangsung sejak lama dan wajib diantisipasi. Selain itu, kerusakan ekosistem makhluk hidup di laut juga menjadi masalah yang harus dituntaskan.

"Diperlukan kesepahaman seluruh negara di dunia untuk mengantisipasi masalah ekosistem lingkungan hidup, terutama di perairan, tak hanya Indonesia," kata Laode, dalam rapat dengar pendapat dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementrian Lingkungan Hidup (LH) dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Agus Suhartono, di Gedung DPD.

Laode mengungkapkan, persoalan klasik terkait anggaran selalu menjadi batu sandungan dalam mengantisipasi hal tersebut. Ini terbukti dengan seringnya kapal negara luar masuk ke wilayah teritorial Indonesia dalam mencari ikan, tanpa sepengetahuan petugas AL. "Kita harus antisipasi sedini mungkin," paparnya.

JAKARTA - Konsentrasi mengantisipasi kerusakan lingkungan di perairan Indonesia, kini menjadi topik hangat di tubuh Dewan Perwakilan Daerah (DPD)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA