Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPD Titip Ketimpangan Pembangunan Wilayah

Senin, 02 Agustus 2010 – 03:30 WIB
DPD Titip Ketimpangan Pembangunan Wilayah - JPNN.COM
JAKARTA - Pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 16 Agustus nanti diharapkan bisa lebih memiliki arti bagi pemerataan pembangunan di Indonesia. Ketua DPD Irman Gusman mengharapkan presiden bisa memaparkan solusi yang akan dilakukan pemerintah untuk menyelesaikan fakta ketimpangan pembangunan antarwilayah.

 

"Melalui pidato kenegaraan nanti, bisa dilihat komitmen pemerintah mempertajam prioritas pembangunan ke depan," ujar Irman Gusman, kemarin. Menurut dia, keberhasilan pemerintah di level ekonomi makro harus pula diikuti dengan keberhasilan di tingkat ekonomi mikro.

 

Sebab, lanjut dia, diakui atau tidak, masih banyak masyarakat atau kelompok masyarakat yang belum bisa menikmati hasil pembangunan dengan baik hingga kini. "Masih ada ketimpangan antara Jakarta dan luar Jakarta, Jawa dan luar Jawa, atau wilayah barat dan wilayah timur," tandas senator asal Provinsi Sumatera Barat itu.

 

Selain itu, dia berpesan, saat berpidato nanti presiden juga perlu memperjelas konsep pengembangan otonomi daerah. Sebab, menurut dia, perjalanan otonomi daerah terkini mulai memunculkan keresahan di sejumlah masyarakat. Misalnya, terkait kaburnya hubungan kepala daerah dengan pemerintah pusat. "Grand design (otonomi daerah) harus diperjelas," tegas Irman.

 

JAKARTA - Pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 16 Agustus nanti diharapkan bisa lebih memiliki arti bagi pemerataan pembangunan di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close