Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR: Jangan Ada Satu pun WNI Tertinggal di Wuhan China

Jumat, 31 Januari 2020 – 19:09 WIB
DPR: Jangan Ada Satu pun WNI Tertinggal di Wuhan China - JPNN.COM
Willy Aditya. Foto: Antara Foto/Syaiful Hakim

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Willy Aditya mengapresiasi dan mendukung rencana pemerintah untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China.

Willy berharap semua tahapan rencana evakuasi mulai pendataan, identifikasi titik-titik penjemputan, pemberangkatan, pemeriksaan, karantina, hingga dipulangkan ke domisili masing-masing dapat berjalan lancar dan tidak menimbulkan kepanikan di lingkungan masing-masing.

"Perwakilan RI di China harus mengumumkan proses evakuasi ini agar tidak ada satu pun WNI yang tertinggal karena problem teknis pendataaan," kata Willy kepada JPNN.com, Jumat (31/1).

Politikus Partai NasDem itu menuturkan, aparat negara yang bertugas harus dikoordinasikan dengan matang. Bisa oleh BNPB, TNI atau lembaga manapun.

Semua langkah harus terpimpin, terorganisir dan terkelola dengan baik. Anggaran kedaruratan bisa digunakan oleh tim evakuasi untuk menyokong aktivitasnya.

"DPR akan mendukung dan memastikan proses evakuasi berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan masalah ke depannya," kata Willy.

Selanjutnya, Willy menambahkan, pemerintah juga harus terus memantau keadaan di Wuhan. WNI yang dievakuasi ini pada dasarnya adalah mereka yang juga memiliki aktivitas penghidupan rutin di sana.

"Ada yang mahasiswa, pengusaha, dan lainnya. Pemerintah harus memastikan bahwa mereka yang di evakuasi nantinya dapat kembali dan dijamin oleh negara," ujar Willy.

Anggota Komisi I DPR Willy Aditya mengapresiasi dan mendukung rencana pemerintah untuk mengevakuasi WNI di Wuhan, China.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close