Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR: Perlu Bersinergi untuk Tanggulangi Pergerakan Inflasi

Selasa, 13 September 2022 – 12:17 WIB
DPR: Perlu Bersinergi untuk Tanggulangi Pergerakan Inflasi - JPNN.COM
Anggota Komisi XI DPR RI Marsiaman Saragih (keempat dari kanan) berfoto bersama Gubernur Riau Syamsuar pada acara peluncuran Gerakan Nasional Penanggulangan Inflasi Pangan (GNPIP) Provinsi Riau di Desa Pulau Birandang, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (12/9/2022). Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Marsiaman Saragih mengatakan semua pemangku kepentingan di daerah perlu bersinergi untuk menanggulangi pergerakan inflasi.

Dia menjelaskan sinergi yang dimaksud adalah dengan cara bergotong royong.

“Indonesia telah terbukti berhasil melalui tekanan dan permasalahan dengan cara bergotong royong,” kata Marsiaman Saragih pada saat peluncuran Gerakan Nasional Penanggulangan Inflasi Pangan (GNPIP) Provinsi Riau di Desa Pulau Birandang, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (12/9/2022).

Menurut Marsiaman, gerakan ini diluncurkan untuk menghadapi inflasi yang tinggi akibat pergerakan harga pangan.

Sebab, kata dia, kebutuhan bahan pangan meningkat, pasokannya masih kurang.

Inflasi yang tinggi tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga secara global. Hal itu dipicu oleh terganggunya rantai pasok pangan dan energi global, yang bermula dari konflik antara Ukraina dan Rusia.

Menurut data per Juli 2022, Provinsi Riau berada pada posisi keempat provinsi tertinggi inflasinya secara nasional yakni mencapai 7.04 persen year on year (yoy).

Untuk itu, mengikuti arahan Presiden Jokowi, Pemerintah Provinsi Riau bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin oleh gubernur lekas mengambil langkah-langkah yang diperlukan, di antaranya melalui operasi pasar dan meningkatkan kordinasi antar daerah sehingga harga bahan pangan dapat dikendalikan.

Anggota Komisi XI DPR RI Marsiaman Saragih mengatakan semua pemangku kepentingan di daerah perlu bersinergi untuk menanggulangi pergerakan inflasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close