Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR RI: Pemda Harus Mewaspadai Klaster Baru Objek Wisata

Rabu, 12 Mei 2021 – 15:58 WIB
DPR RI: Pemda Harus Mewaspadai Klaster Baru Objek Wisata - JPNN.COM
Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus. Foto: Humas FPAN DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus mengatakan pemerintah daerah (Pemda) harus memahami potensi kerumunan yang ditimbulkan di tempat wisata saat lebaran.

Menurut Guspardi, Pemda semestinya menutup tempat wisata saat momen liburan Idulfitri tanpa instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Artinya, ada surat menteri atau tidak, tetapi (kalau) tidak diindahkan percuma juga, yang paling penting kita punya kesamaan visi misi dalam cegah pandemi covid-19,” kata anggota DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus, Rabu (12/5).

Menurut legislator asal Sumbar ini, pelarangan dibukanya tempat wisata selama libur lebaran perlu konsistensi dan ketegasan.

Dia pun mendorong pemerintah pusat mengeluarkan surat edaran terkait pelarangan pembukaan tempat wisata. Penutupan tempat wisata berguna untuk meminimalisasi adanya kerumunan sehingga potensi klaster baru bisa diperkecil demi mencegah meningkatnya kasus positif covid-19 seperti di India.

“Makanya, perlu surat erdaran atau instruksi dari Mendagri (Tito Karnavian) kepada seluruh kabupaten kota dan provinsi, meminta kepada kepala daerah untuk menutup tempat wisata,” ucap anggota Komisi II DPR RI ini.

Khusus untuk daerah zona hijau dan kuning jika Pemda membolehkan tempat wisata di buka, tetapi harus membatasi jam operasional dan jumlah pengunjung.

Pemberlakuan prokes secara ketat harus tetap ditegakkan dan dilarang keras melakukan kerumanan.

Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus mengatakan Pemda harus memahami potensi kerumunan yang ditimbulkan di tempat wisata saat lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close