Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR Tolak Ide Gubernur Dipilih DPRD

Rabu, 23 Desember 2009 – 19:45 WIB
DPR Tolak Ide Gubernur Dipilih DPRD - JPNN.COM
JAKARTA -- Pimpinan DPR RI menolak wacana yng berkembang mengenai dikembalikannya pemilihan gubernur dilakukan oleh DPRD, seperti sebelum ada pilkada langsung. Bila pemilihan gubernur dikembalikan ke DPRD, hal itu dinilai sama saja dengan merusak pembangunan demokrasi yang telah dirintis selama ini.

Sikap pimpinan DPR itu disampaikan Wakil Ketua DPR RI, HM Anis Matta kepada JPNN, Rabu (23/12). Menurut dia, hal itu tidak mungkin dilakukan dan PKS siap berada di garda terdepan menolak rencana kebijakan tersebut. "Kalau dikembalikan ke DPRD, itu berarti demokrasi kita mundur," tegas Anis.

Karena itu, kata legislator PKS ini, saat ini, bukan waktu yang tepat untuk menghentikan pilkada gubernur, yang dipiling langsung oleh rakyat. "Saya kira ide ini tidak bisa kita lakukan pada saat ini. Pertama, karena masa implementasi UU ini baru satu periode,” ujarnya.

Kata Anis, tidak bisa satu periode ini lantas dijadikan sebagai satu waktu yang cukup untuk melakukan evaluasi. Katanya, untuk evaluasi harus sudah beberapa kali pilkada gubernur.

JAKARTA -- Pimpinan DPR RI menolak wacana yng berkembang mengenai dikembalikannya pemilihan gubernur dilakukan oleh DPRD, seperti sebelum ada pilkada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA