Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPRD Diingatkan Harus Membuat Kebijakan Berlandaskan Pancasila

Sabtu, 27 Februari 2021 – 13:15 WIB
DPRD Diingatkan Harus Membuat Kebijakan Berlandaskan Pancasila - JPNN.COM
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo (kedua kanan) saat menghadiri workshop/Bimtek Peningkatan Kapasitas Para Pemimpin dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ciamis di Kuningan, Jawa Barat (25/2/2021). Foto: BPIP

jpnn.com, KUNINGAN - Asosiasi Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi) menggelar workshop/Bimtek Peningkatan Kapasitas Para Pemimpin dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ciamis di Kuningan, Jawa Barat (25/2/2021).

Bimtek yang dihadiri oleh lebih dari 50 anggota DPRD dari berbagai fraksi di Kabupaten Ciamis ini bertema "Ideologi Pancasila dalam Berbangsa dan Bernegara Yang Termuat Dalam Wawasan Kebangsaan.”

Ketua Umum Adkasi Lukman Said dalam membuka acara menyampaikan acara ini dapat bermanfaat bagi semuanya termasuk masyarakat.

“Kegiatan ini diharapkan bermanfaat bagi semua peserta termasuk nantinya sampai kepada masyarakat luas khususnya masyarakat Kabupaten Ciamis," katanya.

Selain itu, Lukman juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang memberikan penjelasan mengenai nilai-nilai Pancasila.

Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Nanang Permana berharap pertemuan ini dapat berdampak terutama nilai-nilai Pancasila sampai kepada masyarakat.

"Apa yang disampaikan dalan Bimtek ini semoga dapat diserap sebaik mungkin dan pada akhirnya dapat tersampaikan kepada masyarakat sebagaimana mestinya,” tutur Nanang.

Sekretaris Utama BPIP Karjono yang sekaligus menjadi pembicara dalam pertemuan ini menjelaskan fungsi DPRD ada tiga. Yaitu mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBN), pengawasan, dan pembentukan peraturan daerah. Ketiga fungsi sangat penting.

Menurut Benny Susetyo, tantangan sekarang adalah memerangi regulasi yang manipulatif atau bertentangan dengan Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close