Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dua Pendaki Tewas Setelah Ikut Upacara HUT Kemerdekaan di Gunung Bawakaraeng

Rabu, 18 Agustus 2021 – 17:50 WIB
Dua Pendaki Tewas Setelah Ikut Upacara HUT Kemerdekaan di Gunung Bawakaraeng - JPNN.COM
Sejumlah tim penyelamat mengevaluasi jenazah pendaki yang ditemukan tewas di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (18/8). Foto: Tangkapan Layar/Video Basarnas.

jpnn.com, MAKASSAR - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar mengevakuasi dua pendaki yang ditemukan tewas usai mengikuti Upacara Bendera 17 Agustus 2021 di puncak Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

"Setelah kami terima laporan adanya pendaki gunung yang meninggal dunia, rescuer (penyelamat) yang bertugas stand by pengamanan Siaga Merah Putih sudah bergerak menuju ke lokasi kejadian," ujar Kepala Basarnas Makassar, Djunaidi saat di konfirmasi wartawan, Rabu.

Menurut rencana, setelah tim penyelamat tiba di lokasi untuk mengevakuasi, kata Djunaidi, jenazah korban akan dibawa ke Puskesmas Tinggi Mancing, Kabupaten Gowa.

Namun, hingga kini identitas korban belum diketahui. Dia mengatakan sebelumnya Basarnas bersama tim gabungan telah melaksanakan siaga khusus mulai 16-18 Agustus 2021 dinamakan tim Siaga Merah Putih untuk menjaga para pendaki saat pengibaran bendera Merah Putih.

Basarnas juga dibantu 76 organisasi pencinta alam, dengan total personel 150 orang.

"Dari hasil penjagaan saat ini, ditemukan korban dua orang meninggal dunia, pertama di pos tujuh, kedua antara pos lima dan enam. Kedua korban mengalami hipotermia, kini tim sedang dilakukan dievakuasi," papar dia.

Pihaknya pun telah berusaha penuh mencegah para pendaki naik dari berbagai titik jalur masuk ke puncak Gunung Bawakaraeng, tetapi tetap saja ada lolos.

Tim Siaga Merah Putih telah bersiaga secara maksimal, hanya saja masih ada jatuh korban jiwa.

Tim Siaga Merah Putih telah berusaha penuh mencegah para pendaki naik dari berbagai titik jalur masuk ke puncak Gunung Bawakaraeng, tetapi tetap saja ada lolos.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close