Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dua Pulau di Batam Terancam Hilang

Rabu, 05 Desember 2012 – 10:44 WIB
Dua Pulau di Batam Terancam Hilang - JPNN.COM
BATAM KOTA - Dua pulau terluar yang masuk kawasan Batam yakni pulau Batu Berantai dan Pulai Putri saat ini terancam hilang. Pulau Putri yang berdekatan dengan Nongsa dan Pulau Batu Berantai kini luasnya semakin menyusut karena abrasi air laut. Bahkan pulau Putri kini luasnya hanya sebesar lapangan sepak bola.

Menurut  seorang warga Nongsa mengatakan yang rumahnya  di bibir Pantai Nongsa berhadapan dengan Pulau Putri, luas pulau terdepan RI itu tiap hari terus berkurang karena abrasi. Awalnya, kata dia, pulau itu memanjang seperti melindungi sebagian Pantai Nongsa dari perairan internasional. Namun kini, pulau itu seperti terbagi menjadi tiga pulau, karena bagian tengah pulau digenangi air laut.

Walikota Batam Ahmad Dahlan tidak membantah hal ini. Ia mengatakan berkurangnya luas pulau ini bukan karena ulah manusia tetapi karena terjadinya abrasi. "Ini bukan ulah manusia, tapi karena alam. Ini memang kita sayangkan, tetapi kita tidak akan membiarkan pulau-pulau itu jadi hilang," katanya.

Pulau Batu Berantai sendiri yang jaraknya hanya lima kilometer dari perairan Singapura hanya akan terlihat saat laut sedang surut, tetapi jika sedang pasang maka pulau Batu Berantai akan tertutup air laut.

BATAM KOTA - Dua pulau terluar yang masuk kawasan Batam yakni pulau Batu Berantai dan Pulai Putri saat ini terancam hilang. Pulau Putri yang berdekatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close