Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dua Unit Kapal Baru Memperkuat TNI AL, Nih Spesifikasinya

Selasa, 17 Desember 2019 – 06:47 WIB
Dua Unit Kapal Baru Memperkuat TNI AL, Nih Spesifikasinya - JPNN.COM
Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyaksikan penandatanganan berita acara serah terima dua unit Kapal Angkatan Laut (KAL) 28 Meter di Dermaga Jeruju, Lantamal XII Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (16/12). Foto: Dispenal

jpnn.com, PONTIANAK - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyaksikan penandatanganan berita acara serah terima dua unit Kapal Angkatan Laut (KAL) 28 Meter.

Kedua kapal tersebut diserahkan dari Direktur PT Steadfast Marine Tbk, Rudi Logam kepada Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo. Selanjutnya, diserahkan kepada Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Moelyanto di Dermaga Jeruju, Lantamal XII Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (16/12).

Kehadiran kedua kapal tersebut makin memperkuat jajaran TNI AL khususnya untuk patroli perairan pedalaman dan pelabuhan.

Kasal dalam amanatnya menyampaikan pemerintah dalam memajukan industri dalam negeri telah menyertakan industri pertahanan nasional. Hal ini tidak saja mendorong roda perekonomian dalam negeri, namun juga menjadi pilar kukuh kemandirian industri pertahanan Indonesia di masa mendatang.

TNI Angkatan Laut  pada tahun 2019 telah melakukan kontrak dengan galangan kapal PT. Steadfast Marine Tbk, untuk pengadaan dua unit KAL 28 Meter lengkap dengan persenjataannya.

Lebih lanjut, Kasal bahwa wujud nyata kontribusi TNI Angkatan Laut untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mengembangkan kapasitas dan kemampuan industri galangan kapal nasional, mengacu pada kebutuhan operasional TNI Angkatan Laut.

“Kedua kapal tersebut akan dioperasikan sebagai kapal patroli guna melaksanakan fungsi dan tugas patroli keamanan laut terbatas wilayah yurisdiksi nasional Indonesia, khususnya untuk mengamankan perairan pedalaman dan pelabuhan," tegas Kasal.

Kedua unit KAL 28 M ini memiliki spesifikasi panjang 28,98 meter, lebar 6,20 meter, dengan berat 90 ton. Kapal ini menggunakan mesin diesel generator 2x Perkins PDM 63 dan diesel generator darurat 1x Perkins PDM TGM 422 dan dapat melaju dengan kecepatan maksimal 28 knots serta kecepatan jelajah 18 knots. Mampu berlayar dengan endurance selama 3 hari, serta diawaki 15 orang personel.

Kehadiran kedua kapal tersebut makin memperkuat jajaran TNI AL khususnya untuk patroli perairan pedalaman dan pelabuhan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close