Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Duet Arinal-Nunik Yakin Bisa Bikin Petani Lampung Berjaya

Jumat, 16 Maret 2018 – 23:32 WIB
Duet Arinal-Nunik Yakin Bisa Bikin Petani Lampung Berjaya - JPNN.COM
Duet Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (berdiri di tengah) saat memperkenalkan Kartu Tani Berjaya di Lampung Timur, Jumat (16/3). Foto: istimewa for Jawa Pos

jpnn.com, LAMPUNG TIMUR - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung pada Pilkada Serentak 2018 Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim menemui para petani di Kecamatan Raman Utara, Lampung Timur, Jumat siang (16/3). Kedatangan duet yang dikenal dengan sebutan Arinal-Nunik itu untuk meluncurkan dan menyosialisasikan Kartu Petani Berjaya.

"Latar belakang dari gagasan diluncurkannya Kartu Petani Berjaya didasari visi dan misi untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, karena 70 persen warga Lampung berprofesi sebagai petani," kata Arinal.

Kegiatan itu dihadiri para pengurus kelompok tani dari 13 kabupaten/kota di Lampung. Menurut Arinal, lahan sawah irigasi yang tersebar di Provinsi Lampung seluas kurang lebih 457 hektar.

Menurutnya, hal itu bisa menjadikan Lampung sebagai lumbung pangan nasional. Bahkan, Lampung selalu bisa surplus gabah. “Contohnya, 40 persen suplai kebutuhan pangan di ibu kota (Jakarta, red) bersumber dari Provinsi Lampung. Selain itu, provinsi ini juga mendapat peringkat ketujuh surplus tingkat nasional terhadap produksi padi," tuturnya.

Karena itu Arinal mengharapkan kartu yang diluncurkannya bisa membantu para petani dalam mengatasi ketersediaan sarana produksi, termasuk penyediaan benih dan pupuk. Kami juga ingin memberikan bantuan permodalan berupa kredit usaha tani dan beasiswa bagi anak-anak petani yang berprestasi,” kata calon gubernur Lampung usungan koalisi Golkar dan PKB itu.

Sedangkan Nunik mengatakan, Kartu Petani Berjaya selaras dengan kebijakan program pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan menyejahterakan petani. Menurutnya, Kartu Petani Berjaya akan melengkapi program pemerintah pusat tentang Asuransi Usaha Tani Padi.

Karena itu Nunik mengharapkan jika dirinya dan Arinal terpilih memimpin Lampung maka bisa membangun sinergi dengan para petani. “Saya dan Pak Arinal mengerti benar setiap jengkal permasalahan sektor pertanian di Provinsi Lampung dan juga di wilayah Lampung Timur,” ucapnya.(bay/JPK)

Duet Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim dalam Pilgub Lampung mengaku mengetahui persis persoalan para petani dan cara untuk menyejahterakan mereka.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close