Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Duit Haram AQ Mengalir ke Madura United? Begini Analisis Pakar Hukum

Kamis, 09 November 2023 – 23:43 WIB
Duit Haram AQ Mengalir ke Madura United? Begini Analisis Pakar Hukum - JPNN.COM
Pakar hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Prof Mudzakir. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia (UII), Mudzakir mengatakan penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) yang menangani kasus dugaan korupsi dana BTS 4G Bakti Kominfo, akan bisa mengejar aliran dana yang diterima Achsanul Qosasih.

“Penyidik bisa melihat ini (dana suap) diputar kemana-kemana. Itu akan masuk pencucian uang jika uangnya sudah di perusahaan,” kata Muzakir, Kamis (9/11).

Hal ini disampaikan Mudzakir ketika ditanya tentang kemungkinan dana suap yang diterima tersangka Achsanul Qosasih (AQ) masuk ke klub sepak bola (Madura United), atau lembaga lainnya.

Jika uang itu masuk ke klub sepak bola, kata Mudzakir, akan bisa dilihat status uang tersebut. Apakah sebagai bagian penyertaan modal atau sekadar bantuan.

“Kalau sekadar bantuan maka klub sepak bola wajib mengembalikannya karena bersumber dari uang korupsi,” papar Mudzakir.

Namun, jika menjadi penyertaan modal sepak bola maka harus diblokir dan akan dikembalikan sebagai aset. “Bukan pencucian uang,” jelasnya.

Dijelaskannya, dalam kasus dugaan korupsi dana BTS 4G Bakti Kominfo maka bisa ditelusuri uang yang diterima AQ larinya kemana.

“Apakah hanya dia terima lalu disimpan atau dialirkan ke pihak lain,” jelas Mudzakir.

Jika uang itu masuk ke klub sepak bola, kata Muzakir, akan bisa dilihat status uang tersebut. Apakah sebagai bagian penyertaan modal atau sekadar bantuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close