Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dukcapil DKI Jakarta Akan Mendata Pendatang Baru Selama Satu Bulan ke Depan

Rabu, 17 April 2024 – 12:19 WIB
Dukcapil DKI Jakarta Akan Mendata Pendatang Baru Selama Satu Bulan ke Depan - JPNN.COM
Pemudik tiba di Terminal Terpadu Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Minggu (14/4/2024). Foto: ANTARA/Siti Nurhaliza/aa

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta akan melakukan pendataan terhadap pendatang baru ke Jakarta seusai Idulfitri selama satu bulan ke depan.

"Dinas Dukcapil itu kan dasar pelayanannya, pendataannya berdasarkan laporan," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Budi Awaludin saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Pendataan dilakukan hingga pertengahan Mei 2024.

"Nah kita akan melakukan pendataan ini satu bulan untuk proses mereka yang datang ke sini, apakah membawa keluarganya dan langsung melakukan proses pindah atau datang," katanya.

Pendataan terhadap warga pendatang baru ke Jakarta selama sebulan ke depan ini dapat dipantau masyarakat secara luas melalui lama resmi kependudukancapil.jakarta.go.id.

Menurut Budi, biasanya sebulan setelah Lebaran banyak perpindahan masyarakat yang datang ke Jakarta karena membawa sanak saudara atau keluarganya.

Namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak menggelar operasi yustisi untuk menertibkan pendatang baru ke Jakarta usai Lebaran.

Hal itu mengingat siapapun boleh datang ke Jakarta selagi memenuhi syarat yang ada, seperti jaminan tempat tinggal di Jakarta, jaminan pekerjaan dan memiliki keterampilan atau kemampuan.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta akan melakukan pendataan terhadap pendatang baru ke Jakarta seusai Idulfitri selama satu bulan ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close