Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dukung Kinerja Ekspor Lewat Pemberdayaan UMKM, Bea Cukai Lakukan Ini

Senin, 12 Juni 2023 – 22:31 WIB
Dukung Kinerja Ekspor Lewat Pemberdayaan UMKM, Bea Cukai Lakukan Ini - JPNN.COM
Bea Cukai lakukan ini untuk mendukung kinerja ekspor melalui pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, CIREBON - Pemerintah dalam hal ini Bea Cukai Cirebon senantiasa memberi dukungan pelaku usaha yang berpotensi ekspor, seperti pelaku industri kecil menengah (IKM) dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) dan Bea Cukai Manado dalam mendukung kinerja ekspor hadir dalam pelatihan prosedur dan dokumentasi perdagangan luar negeri bersama para pelaku industri kecil menengah (IKM) yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado, Rabu (03/05).

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana menyampaikan pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan ilmu dan pengembangan produk pelaku IKM.

"Bea Cukai telah memberikan beragam program bagi pelaku IKM untuk meningkatkan IKM, salah satunya pelaksanaan kelas ekspor bersama komunitas milenial SGE (Sulut Go Ekspor),” kata Hatta Wardhana melalui keterangan, Senin (12/6).

Di Pontianak, Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar) turut berperan sebagai pembicara dalam acara bimbingan teknis akselerasi ekspor komoditas pertanian dalam rangka pencapaian Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) yang diselenggarakan oleh Balai Karantina Pertanian Kelas I Pontianak, pada Kamis (04/05).

Gratieks adalah program yang diinisiasi Kementerian Pertanian (Kementan) yang berisi ajakan kepada seluruh pemegang kepentingan pembangunan pertanian untuk bekerja dengan memanfaatkan teknologi, inovasi, jejaring, dan kerja sama.

Karena itu, tujuan dari bimbingan teknis tersebut memberikan pemahaman tentang regulasi dan prosedur ekspor yang perlu diperhatikan oleh para pelaku ekspor, khususnya para petani dan calon eksportir milenial komoditas pertanian.

Dukungan pemberdayaan UMKM juga dilaksanakan di Malang dalam kegiatan focus group discussion (FGD) bertajuk 'Sinergi Pemberdayaan UMKM 2023' yang dilaksanakan pada Rabu (7/6).

Kegiatan ini merupakan langkah konkret Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Jawa Timur untuk menjalin sinergi dalam rangka mendukung program pengembangan dan pemberdayaan UMKM serta membuka akses UMKM terhadap sumber-sumber yang dibutuhkan.

Bea Cukai lakukan ini untuk mendukung kinerja ekspor melalui pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close