Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dukung Pemerintah Kejar Target Net Zero Emission, PLN Indonesia Power Proaktif Berkolaborasi

Selasa, 04 Juni 2024 – 16:58 WIB
Dukung Pemerintah Kejar Target Net Zero Emission, PLN Indonesia Power Proaktif Berkolaborasi - JPNN.COM
PT PLN Indonesia Power. Foto dok PLN IP

jpnn.com, JAKARTA - PLN Indonesia Power (PLN IP) berkomitmen mendukung pemerintah secara proaktif dalam mencapai transisi energi, Enhanced National Determined Contribution (NDC), serta program Net Zero Emission (NZE), dengan mengoptimalkan potensi Panas Bumi di Indonesia.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan, PLN Indonesia Power berupaya mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) di antaranya energi panas bumi.

Energi bersih tersebut berpotensi untuk terus dikembangkan. Pasalnya, Indonesia menyimpan 40% cadangan panas bumi dunia.

"Indonesia merupakan negara ring of fire, dikaruniai sumber energi panas bumi yang besar. Potensi tersebut perlu terus dikembangkan, dijadikan sumber energi listrik yang ramah lingkungan," ujar Edwin.

Untuk mengoptimalkan panas bumi, PLN Indonesia Power berkolaborasi dengan berbagai pihak di antaranya adalah Pertamina Geothermal Energy.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Joint Development Agreement (JDA) pada 30 Mei 2024 di Jakarta.

Menurut Edwin, dengan adanya JDA ini menandai tahap baru upaya dua perusahaan energi besar dalam negeri mengoptimalkan kapasitas sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Indonesia.

"Penandatanganan JDA ini akan merangsang pemanfaatan potensi sumber daya panas bumi yang dapat mendorong akselerasi transisi energi nasional, pencapaian komitmen Pemerintah terhadap Enhanced National Determined Contribution (NDC), dan target Net Zero Emission di Indonesia," tuturnya.

Untuk mengoptimalkan panas bumi, PLN Indonesia Power berkolaborasi dengan berbagai pihak di antaranya adalah Pertamina Geothermal Energy.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close