Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dukung Riset dan Inovasi Bidang Kesehatan, Etana Perkuat Kerja Sama dengan BRIN & UNSW

Rabu, 27 September 2023 – 09:01 WIB
Dukung Riset dan Inovasi Bidang Kesehatan, Etana Perkuat Kerja Sama dengan BRIN & UNSW - JPNN.COM
Penandatanganan kerja sama antara Etana dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Universitas New South Wales (UNSW) Australia dalam pengembangan riset dan inovasi bidang kesehatan, khususnya pada teknologi mRNA. Foto: dokumentasi Etana

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan Biofarmasi asli Indonesia PT Etana Biotechnologies Indonesia (Etana) menjadi perusahaan pertama di ASEAN yang memiliki platform teknologi mRNA.

Mereka menjalin kerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Universitas New South Wales (UNSW) Australia dalam pengembangan riset dan inovasi bidang kesehatan, khususnya pada teknologi mRNA.

Keeja sama itu untuk melihat fasilitas produksi mRNA dan juga laboratorium yang tersedia dalam mendukung hilirisasi hasil-hasil penelitian yang menggunakan platform mRNA.

Teknologi mRNA merupakan sebuah teknologi yang revolusioner dalam pengembangan produk biologi yang mulai dikenal luas saat pandemi Covid-19 yang lalu.

Dengan teknologi mRNA ini, vaksin Covid-19 telah berhasil secara cepat dikembangkan sehingga vaksin yang dihasilkan memiliki profil keamanan dan khasiat yang baik.

Finance Director Etana Liauw Tek Kim mengatakan teknologi mRNA adalah platform yang dapat disesuaikan untuk mengembangkan obat dan vaksin sebagai respons terhadap permintaan produk biofarmasi inovatif dan fleksibel yang mendesak untuk kanker, penyakit menular, dan penyakit lainnya.

“Tiga pihak dapat mengembangkan terapi berbasis mRNA mulai dari merancang ide penelitian hingga produksi produk biologis dan produk vaksin di Indonesia untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam penelitian nasional dan sektor kesehatan,” ucap Liauw dalam keterangannya, Rabu (27/9).

Sementara itu, Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN R Hendrian mengatakan melalui visiting laboratorium di PT Etana dan FGD di Kawasan KST Soekarno Cibinong, pihaknya berharap akan dapat lebih mempererat jalinan kolaborasi.

Etana menjalin kerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Universitas New South Wales (UNSW) Australia terkait riset dan inovasi kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close