Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dukung UMKM Kuliner Naik Kelas, Mondelez Indonesia dan Kemenparekraf Berkolaborasi 

Kamis, 24 November 2022 – 20:40 WIB
Dukung UMKM Kuliner Naik Kelas, Mondelez Indonesia dan Kemenparekraf Berkolaborasi  - JPNN.COM
Dukung UMKM kuliner naik kelas, Mondelez Indonesia & Kemenparekraf berkolaborasi. Foto: Tangkapan layar Zoom.

jpnn.com - JAKARTA - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner mampu menyumbang Rp 455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif di 2020. Selain itu, subsektor ini juga menyerap tenaga kerja 9,5 juta orang, sehingga turut memberikan dampak besar terhadap perekonomian Indonesia. 

"Oleh karena itu, mendukung kebangkitan UMKM tentunya sudah menjadi tanggung jawab kita bersama dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN),” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam konferensi pers virtual bertajuk “Mondelez Dukung UMKM Kuliner Berkelas karena Kualitas”, Rabu (23/11).

Hal ini terjadi meski pandemi telah mendorong perubahan pola konsumsi dan pembelian camilan masyarakat, ini menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku UMKM kuliner. Seiring dengan membaiknya situasi, tren UMKM kuliner pun kembali menunjukkan geliat kebangkitannya. 

“Kami menyambut baik hadirnya inisiatif #DukungUMKMKuliner yang secara konsisten dihadirkan Mondelez Indonesia," kata Sandiaga Uno.

Mondelez Indonesia dengan produknya, seperti OREO, Cadbury, dan keju KRAFT, bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun ini kembali menghadirkan program #DukungUMKMKuliner dengan mengedepankan tema “Berkelas Karena Kualitas”.

Selama hampir tiga bulan penyelenggaraannya, inisiatif #DukungUMKMKuliner diikuti lebih dari 700 pelaku UMKM kuliner dari berbagai wilayah Indonesia.

Kegiatannya meliputi tiga rangkaian besar, yaitu pelatihan berbagai tips kreatif agar bisnis UMKM kuliner naik kelas, kompetisi bisnis yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Best Food Menu, Best Packaging Design dan Best Marketing Promotion, serta konferensi pers sekaligus pengumuman pemenang kompetisi.

"Hasil survei The State of Snacking 2021 dari Mondelez International mengungkap bahwa konsumen makin selektif memilih camilan, sehingga menjadikan persaingan di industri kuliner makin ketat dan memberikan tantangan baru bagi pelaku UMKM kuliner,” kata President Director Mondelez Indonesia Parveen Dalal.

Dukung UMKM kuliner naik kelas, Mondelez Indonesia & Kemenparekraf berkolaborasi. #DukungUMKMKuliner diikuti lebih dari 700 pelaku UMKM kuliner.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close