Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dunia Hari Ini: Amerika Serikat Didesak Percepat Ekspor Militer ke Australia

Jumat, 04 Oktober 2024 – 23:40 WIB
Dunia Hari Ini: Amerika Serikat Didesak Percepat Ekspor Militer ke Australia - JPNN.COM
Drone MQ-9 Reaper milik Amerika Serikat. Foto: Reuters

Enggak sempat untuk mengikuti perkembangan berita?Kami sudah merangkum kejadian utama dari sejumlah negara dalam 24 jam terakhir.Dunia Hari Ini, edisi Jumat 4 Oktober, kami awali dari Australia.

Australia minta akses senjata

Gedung Putih didesak untuk mempercepat proses berbagi teknologi militer yang sensitif dengan mitra AUKUS-nya, karena Australia dilaporkan mendorong permintaan akses ke senjata milik AS, seperti pesawat nirawak bawah laut, dan sistem akustik maritim.

Di bawah kemitraan AUKUS, Amerika Serikat dan Inggris harus membantu Australia mendapatkan kapal selam bertenaga nuklir, sementara pada bagian kedua kesepakatan, ketiga negara akan bersama-sama mengembangkan teknologi masa depan termasuk rudal hipersonik dan senjata energi terarah.

Dalam surat yang dikirim pekan ini, para kepala Komite Angkatan Bersenjata dan Urusan Luar Negeri di Amerika Serikat mendorong pemerintahan Joe Biden untuk berbagi lebih banyak peralatan pertahanan.

"[Presiden] Xi dan CCP [Partai Komunis Tiongkok] menimbulkan ancaman serius dan mendesak stabilitas Indo-Pasifik. Tindakan setengah-setengah ini menimbulkan risiko yang tidak dapat diterima bagi keamanan nasional kita," tambah perwakilan Partai Republik tersebut.

Serangan Israel terus menewaskan warga sipil

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan sebanyak 37 orang tewas dan 151 orang terluka dalam serangan Israel di Lebanon dalam 24 jam terakhir.

Mereka mengatakan serangan tersebut telah menghantam perkotaan dan desa di Lebanon selatan, Nabatieh, Bekaa, Baalbek-Hermel, Gunung Mount Lebanon, dan ibu kota Beirut.

Harga minyak melonjak hari ini setelah Presiden AS Joe Biden mengatakan Amerika Serikat sedang berdiskusi dengan Israel tentang kemungkinan serangan terhadap fasilitas minyak Iran.

Pemerintah Amerika Serikat didesak mempercepat proses berbagi teknologi militer yang sensitif dengan Australia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA