Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dunia Hari Ini: Israel Membunuh 250 Warga Palestina di Gaza Setiap Hari

Jumat, 12 Januari 2024 – 22:49 WIB
Dunia Hari Ini: Israel Membunuh 250 Warga Palestina di Gaza Setiap Hari - JPNN.COM
Warga Palestina di Gaza menghadapi risiko kelaparan setiap hari akibar serangan Israel. (AP: Hatem Ali)

Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi 12 Januari 2024.

Kami sudah merangkum berita utama dari sejumlah negara, yang kita awali dengan laporan terkini dari Gaza, Palestina.

Israel membunuh 250 warga Palestina setiap hari

Menurut laporan Oxfam, militer Israel membunuh warga Palestina di Gaza rata-rata 250 orang per hari, menjadikannya konflik mematikan di abad ke-21.

Tercatat bahwa angka kematian warga Palestina di Gaza per hari lebih tinggi dibandingkan dengan konflik di Suriah (96,5 kematian per hari), Sudan (51,6), Irak (50,8), Ukraina (43,9), Afghanistan (23,8) dan Yaman (15,8).

"Skala dan kekejaman yang dilakukan Israel di Gaza benar-benar mengejutkan. Selama 100 hari masyarakat Gaza mengalami penderitaan. Tidak ada tempat yang aman dan seluruh penduduk berisiko kelaparan," kata Sally Abi Khalil, direktur Oxfam untuk Timur Tengah.

Status gawat darurat di Papua Nugini

Pemimpin Papua Nugini mengumumkan keadaan darurat selama 14 hari di ibu kota, Port Moresby, setelah 15 orang tewas dalam kerusuhan ketika warga turun ke jalan, menjarah dan membakar toko-toko.

Perdana Menteri James Marape mengumumkan lebih dari 1.000 tentara bersiaga "untuk turun tangan jika diperlukan" berdasarkan keputusan darurat tersebut.

PM Marape mengatakan sudah memberhentikan seorang kepala polisi serta birokrat penting di departemen keuangan dan perbendaharaan, serta akan menyelidiki penyebab kerusuhan.

Lembaga internasional Oxfam melaporkan tingkat kematian harian di Gaza lebih tinggi dibandingkan perang-perang besar lainnya di abad ke-21

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close