Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dunia Hari Ini : Komnas HAM Minta PSSI Dibekukan Jika Tak Ada Perbaikan

Kamis, 03 November 2022 – 21:59 WIB
Dunia Hari Ini : Komnas HAM Minta PSSI Dibekukan Jika Tak Ada Perbaikan - JPNN.COM
Korban dari kejadian di Stadion Kanjuruhan Malang sampai saat ini adalah 135 orang tewas dengan 38 di antaranya anak-anak. (Reuters: Antara Foto/Zabur Karuru)

Hari Kamis sudah tiba, artinya dua hari lagi menjelang akhir pekan. 

Kami sudah merangkum sejumlah laporan utama yang terjadi di sejumlah penjuru dunia untuk edisi hari ini 3 November.

Hasil penyelidikan Komnas HAM soal Kanjuruhan

Pagi tadi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia menyerahkan hasil laporan penyelidikan mereka terkait tewasnya ratusan orang di Stadion Kanjuruhan kepada Presiden Joko Widodo lewat Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD.

Dari penyelidikannya, Komnas HAM mengatakan insiden yang menewaskan 135 orang di stadion Kanjuruhan telah melanggar hak asasi, karena menggunakan kekuatan berlebihan seperti gas air mata.

"Kesimpulannya adalah peristiwa Kanjuruhan merupakan pelanggaran HAM yang terjadi akibat tata kelola yang diselenggarakan dengan cara tidak menjalankan, menghormati, dan memastikan prinsip dan norma keselamatan dan keamanan," ujar Choiril Anam, komisioner Komnas HAM.

Setelah menyampaikan hasil penyelidikannya, Komnas Ham juga meminta agar ada perbaikan terkait standar penyelenggaraan pertandingan sepak bola.

"Kalau dalam waktu tiga bulan itu tidak bisa diperbaiki secara menyeluruh, kami merekomendasikan kepada Pak Presiden menggandeng FIFA untuk membekukan seluruh aktivitas PSSI" ujar Anam, seperti dilaporkan sejumlah media di Indonesia.

Pemakaman Filep Karma di Jayapura

Rabu malam kemarin, ribuan orang menghadiri upacara pemakaman Filep Karma, seorang tokoh pergerakan kemerdekaan Papua. 

Tak hanya memberikan laporan penyelidikan terkait tragedi mematikan di stadion Kanjuruhan, Komnas HAM juga meminta agar PSSI berbenah diri

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close