Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dunia Hari Ini: Polisi Tetapkan Empat Tersangka Kasus Obat Batuk Sirop

Selasa, 31 Januari 2023 – 23:59 WIB
Dunia Hari Ini: Polisi Tetapkan Empat Tersangka Kasus Obat Batuk Sirop - JPNN.COM
Polisi menetapkan empat orang dari perusahaan pemasok bahan baku obat sebagai tersangka dengan tuduhan menjual bahan kimia industri sebagai bahan kimia farmasi. ()

Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi Selasa, 31 Januari.

Sejumlah laporan utama dari berbagai negara telah kami rangkum untuk memudahkan Anda mengikuti perkembangan dunia dalam 24 jam terakhir.

Kita awali dengan perkembangan kasus obat sirop yang diduga telah menewaskan ratusan anak-anak di Indonesia.

Empat tersangka kasus obat batuk sirop

Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Pipit Rismanto mengatakan CV Samudera Chemical menjual etilena glikol (EG) dan dietilena glikol (DEG) kelas industri sebagai bahan kimia kelas farmasi.

"Pihak terkait membeli cairan industrial grade berupa etilen glikol dari berbagai sel yang enggak jelas asal usulnya," kata Pipit kepada wartawan di Jakarta.

Kandungan tersebut diproduksi Dow Chemical Thailand, yang kemudian memasoknya ke distributor pembuat obat lokal.

Polisi telah menangkap dan mendakwa dua orang dari CV Samudera Chemical dan dua lainnya dari CV Anugrah Perdana Gemilang, yang merupakan distributornya. Tapi kantor berita Reuters belum mendapatkan komentar dari kedua pihak.

Kedua bahan tersebut digunakan dalam pembuatan sirop yang diduga oleh polisi telah menyebabkan kematian setidaknya 200 anak-anak di Indonesia akibat gagal ginjal.

Polri telah menetapkan empat tersangka dari dua perusahaan pemasok bahan baku obat batuk sirop, Australia dan Prancis akan pasok peluru untuk Ukraina, serta aksi teror di sebuah masjid di Pakistan

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close