Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dunia Hari Ini: Sanksi Baru Australia kepada Sejumlah Pejabat dan Lembaga Iran

Rabu, 13 September 2023 – 23:56 WIB
Dunia Hari Ini: Sanksi Baru Australia kepada Sejumlah Pejabat dan Lembaga Iran - JPNN.COM
Kematian Mahsa Amini dalam tahanan polisi Iran memicu protes di seluruh dunia. (AP: Hawar News Agency)

Tidak punya banyak waktu untuk membaca berita hari ini? Tenang kami sudah merangkum informasi utama dari sejumlah negara dalam 24 jam terakhir.

Dunia Hari Ini, edisi Rabu 13 September kita awali dari Australia.

Sanksi baru Australia kepada pejabat Iran

Pemerintah Australia menerapkan sanksi baru terhadap sejumlah individu dan lembaga Iran, hampir setahun setelah kematian Mahsa "Jina" Amini yang memicu protes di seluruh dunia.

Australia sebenarnya sudah menjatuhkan tiga sanksi kepada pemerintah Iran sejak Desember 2022, namun Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mengatakan sanksi terbaru ini lebih menargetkan "mereka yang menindas perempuan dan anak perempuan di Iran."

"Australia berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Iran, khususnya perempuan dan anak perempuan, yang terus menunjukkan keberanian luar biasa dalam menghadapi penindasan yang sedang berlangsung," katanya.

Daftar sanksi pemerintah kini akan mencakup juru bicara Pasukan Penegakan Hukum Iran, Saeed Montazeri Al-Mahdi, yang mengancam akan mengambil tindakan hukum terhadap perempuan dan anak perempuan yang melanggar undang-undang terkait penggunaan jilbab di Iran.

Australia juga telah memberikan sanksi kepada kepala polisi siber Iran, yang memadamkan koneksi internet untuk meredam protes yang meluas setelah kematian Mahsa, dan dua jurnalis media pemerintah di Islamic Republic of Iran Broadcasting, yang diyakini Australia sudah menyiarkan pengakuan yang dipaksa dari tahanan politik, para aktivis, dan kelompok agama minoritas.

Kondisi terkini di Maroko dan Libya

Badak menyerang petugas kebun binatang Austria

Selasa kemarin, seekor badak menyerang pasangan suami-istri yang bekerja sebagai penjaga kebun binatang Hellbrunn, kota Salzbury, Austria.

Enggak punya banyak waktu untuk membaca berita hari ini? Tenang kami sudah merangkum informasi utama dari sejumlah negara dalam 24 jam terakhir

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close