Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dunia Hari Ini: Taiwan Temukan Bahan Berbahaya dalam Produk Indomie

Kamis, 27 April 2023 – 23:48 WIB
Dunia Hari Ini: Taiwan Temukan Bahan Berbahaya dalam Produk Indomie - JPNN.COM
Produk "Indomie: Special Chicken Flavour" yang dijual di Taiwan dan ditemukan mengandung etilene oksida. (Taipei's Department of Health)

Selamat Hari Kamis! Tidak terasa, kita sudah mendekat lagi ke akhir pekan. Semoga kita semua sehat, semangat, dan lebih refreshed setelah libur lebaran kemarin ya.

Untuk menemani hari sekaligus untuk memenuhi asupan informasi Anda, kami hadirkan Dunia Hari Ini, yang berisi sejumlah peristiwa pilihan dari beberapa negara yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

Kita awali berita yang pertama dari Taiwan.

Taiwan temukan zat berbahaya dalam Indomie

Dalam pernyataannya, Departemen Kesehatan Taiwan di ibu kota Taipei menyebutkan "Ah Lai White Curry Noodles" dari  Malaysia dan  "Indomie: Special Chicken Flavour" dari Indonesia mengandung etilene oksida, dua senyawa kimia yang sering dihubungkan dengan kanker lymphoma dan leukemia.

Zat tersebut ditemukan dalam bumbu Indomie, sementara dalam produk Malaysia zat berbahaya itu terdeteksi di baik mi instan maupun bumbunya.

Menanggapi temuan Departemen Kesehatan Taiwan, GM Corporate Relation PT Indofood Sukses Makmur, Stefanus Indrayana menyatakan pihaknya masih terus mempelajari temuan itu sebelum menanggapi secara resmi. Namun, secara terpisah Direktur PT Indofood, Fransiscus Welirang menyebut pihaknya selalu mematuhi persyaratan yang berlaku.

 "Pada prinsipnya kita mengikuti prasyarat dan ketentuan BPOM dan juga standar badan kesehatan negara pengimpor," ujar Franciscus Welirang.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, meminta BPOM melakukan audit dan investigasi untuk mengetahui apakah kontaminasi zat berbahaya tersebut terjadi sejak awal produksi atau saat proses ekspor.

Taiwan menemukan bahan berbahaya pemicu kanker dalam produk Indomie yang beredar di sana

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close