Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dunia Industri Belum Tentu Langsung Tumbuh Meski Harga Gas Turun

Selasa, 25 Februari 2020 – 18:45 WIB
Dunia Industri Belum Tentu Langsung Tumbuh Meski Harga Gas Turun - JPNN.COM
Ilustrasi gas industri. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menilai rencana penurunan harga gas industri per 1 April nanti belum tentu membawa dampak signifikan terhadap pertumbuhan industri dalam waktu dekat.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Komisi Tetap Industri Hulu dan Petrokimia Kadin Indonesia, Achmad Widjaja, di Jakarta.

"Tidak bisa semudah itu industri langsung tumbuh (grow up) ketika harga gas industri diturunkan, karena terkait juga kondisi ekonomi nasion dan global," kata Achmad.

Dia menambahkan, harga gas industri sebelumnya sudah lama cukup tinggi dan ini menyebabkan pertumbuhan industri mengalami pelambatan.

"Mungkin industri bisa terlihat pertumbuhannya akhir tahun nanti, jika benar jadi diturunkan pada April nanti. Tapi jika batal diturunkan, industri akan terus mengalami pelambatan," jelas dia.

Menurut mantan ketua umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI) tersebut, ketika kondisi ekonomi stabil, industri sebenarnya bisa tumbuh di level tujuh persen dari semula lima persen.

"Namun, dengan kondisi ekonomi saat ini, bisa bertahan di angka lima persen sudah bagus," ujar dia.

Dia berkomentar, ada lima industri yang akan terdampak jika harga gas industri turun, yakni petrokimia, pupuk, keramik, kaca lembaran, dan baja.

Pemerintah perlu melakukan evaluasi apakah memang keputusan menurunkan harga gas sudah menjawab persoalan perekonomian saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close