Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

E-KTP Ditolak Bank

Senin, 28 Januari 2013 – 08:46 WIB
E-KTP Ditolak Bank - JPNN.COM
MATARAM-Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) belum bisa digunakan secara bebas. Beberapa warga yang menggunakan e-KTP untuk urusan perbankan mengalami hambatan. e-KTP yang mereka ajukan ditolak oleh sistem Perbankan.

 

Masalah seperti itu terjadi hampir di semua kecamatan di Kota Mataram. Pihak bank kemudian meminta pemilik e-KTP menggunakan KTP lamanya. ‘’Makanya saya harus cari lagi KTP lama saya ke kantor camat,’’ ungkap warga yang namanya enggan dikorankan ini.

Dikatakan, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 67 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 26/2009 tentang Penerapan KTP Berbasis Nomor Induk Kependudukan secara nasional pada Pasal 10 B ayat 1 disebutkan, semua pihak diwajibkan menerima pelayan bagi masyarakat yang menggunakan e-KTP, termasuk perbankan.  ‘’Pada ayat 2 disebutkan juga, tidak mempertimbangkan tempat penerbitan e-KTP,’’ sambung warga Kecamatan Mataram ini.

Salah seorang petugas e-KTP di Kecamatan Mataram Nilanisfullaili yang dikonfirmasi soal warga masalah tersebut menyebutkan, tertolaknya e-KTP oleh perbankan karena belum diaktifkan di kecamatan. ‘’Setelah diaktifkan, bisa kok dipakai lagi di perbankan,’’ katanya.

MATARAM-Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) belum bisa digunakan secara bebas. Beberapa warga yang menggunakan e-KTP untuk urusan perbankan mengalami

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close