Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Susan Beber Bau Busuk Ekspor Benih Lobster

Rabu, 25 November 2020 – 12:53 WIB
Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Susan Beber Bau Busuk Ekspor Benih Lobster - JPNN.COM
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap KPK. Ilustrasi Foto: dok.JPNN/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) pada Rabu (25/11) dini hari terkait dugaan korupsi penetapan izin ekspor baby lobster.

Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) menginginkan KPK mengusut tuntas dugaan korupsi tersebut.

"KPK harus mengusut tuntas korupsi ini sampai ke akar-akarnya. Seluruh jaringan yang terlibat perlu dibongkar dan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia," kata Sekjen Kiara Susan Herawati di Jakarta, Rabu.

Susan Herawati menyatakan masyarakat Indonesia dikejutkan dengan penangkapan yang dilakukan oleh KPK terhadap Edhy Prabowo di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (25/11) dinihari, sepulangnya dari kunjungan ke Amerika Serikat.

"Banyak hal yang tidak transparan dan akuntabel dalam kebijakan ekspor benih bening lobster ini," ucapnya.

Ia mengatakan, tidak ada kajian ilmiah yang melibatkan Komisi Pengkajian Sumber Daya Ikan dalam penerbitan Peraturan Menteri KP No. 12 Tahun 2020 tentang pengelolaan lobster, kepiting, dan rajungan.

Bahkan, masih menurut dia, pembahasannya cenderung tertutup serta tidak melibatkan nelayan penangkap dan pembudidaya lobster.

"Penetapan kebijakan ekspor benih lobster tidak mempertimbangkan kondisi sumber daya ikan Indonesia yang existing. Pada statusnya pada tahun 2017 dinyatakan dalam kondisi fully exploited dan over exploited," papar Susan.

Sekjen Kiara Susan Herawati menyampaikan pernyataan terkait Edhy Prabowo yang ditangkap KPK terkait dugaan korupsi izin penetapan ekspor benih lobster.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close