Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Efektifkah Detoks Tubuh dengan Infused Water?

Rabu, 23 Januari 2019 – 17:07 WIB
Efektifkah Detoks Tubuh dengan Infused Water? - JPNN.COM
Infused water. Foto: vermonturgentcare

jpnn.com - Pernahkah Anda melihat seseorang dengan botol atau gelas air putih berisikan potongan atau irisan buah di dalamnya? Itulah yang dinamakan infused water.

Irisan lemon, timun, stroberi, atau daun min sering dicampurkan ke dalam air, lalu kemudian didinginkan seharian di lemari pendingin. Tak hanya menambahkan kesegaran dan rasa, irisan buah di dalamnya dikatakan bermanfaat untuk detoks, membuang racun dari tubuh. Dari kacamata medis, apa benar demikian?

Secara alami, tubuh memiliki mekanisme penetralan racun yang masuk ke tubuh. Metabolisme racun ini dilakukan oleh organ hati. Selama kadar racun yang masuk masih dalam jumlah rendah, hati akan dengan mudah menangkalnya. Caranya adalah dengan mengubah bentuk racun menjadi zat yang dapat dibuang tubuh dan tidak lagi berbahaya. Akan tetapi jika kadar racun sudah terlalu tinggi, hati tidak lagi mampu berperan sebagai penetral racun atau toksin.

Untuk membantu hati dalam memerangi racun, apakah minuman seperti infused water bisa membantu detoksifikasi?

Belum ada bukti bahwa infused water punya fungsi detoks

Sayangnya, sampai sejauh ini belum ada satu penelitian pun yang membuktikan bahwa infused water mampu menetralkan atau membuang racun dan berfungsi untuk detoksifikasi. Meski begitu, bukan berarti infused water tak ada nilainya, manfaatnya terhadap tubuh tetap ada.

Potongan buah segar yang dimasukkan dalam sebotol air mampu berperan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Seperti yang telah diketahui, sumber kerusakan sel dan penuaan dini adalah radikal bebas dari dalam maupun luar tubuh.

Dari dalam tubuh, radikal bebas dapat diproduksi ketika tubuh sedang sakit, stres, atau kelelahan (misalnya amoniak, asam laktat, dan beberapa hormon yang kadarnya terlalu tinggi). Dari luar, polusi lingkungan, asap rokok, dan makanan cepat saji (fast food) bisa menjadi sumber radikal bebas sehari-hari.

Tak hanya menambahkan kesegaran dan rasa, irisan buah di dalamnya dikatakan bermanfaat untuk detoks, membuang racun dari tubuh.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close