Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ekosistem Digital Gojek Terbukti Bisa Perkuat Ketahanan Ekonomi di Kala Pandemi

Jumat, 07 Agustus 2020 – 19:50 WIB
Ekosistem Digital Gojek Terbukti Bisa Perkuat Ketahanan Ekonomi di Kala Pandemi - JPNN.COM
Ilustrasi pengemudi Gojek. Foto: Antara/HO

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat ICT Heru Sutadi mengatakan UMKM dan sektor ritel merupakan pilar-pilar ekonomi nasional.

Platform digital seperti Gojek dan layanan e-commerce lainnya dinilai bisa menopang eksistensi UMKM serta berkontribusi terhadap ketahanan ekonomi nasional.

Bahkan, di masa pandemi, layanan digital menjadi salah satu solusi dan harapan bagi UMKM tetap eksis dan memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia yang mengalami kontraksi akibat merebaknya wabah Covid-19.

Menurutnya, dalam kondisi seperti ini, diperlukan langkah yang tepat agar menyelamatkan ekonomi dari potensi resesi dan krisis.

“Gojek dan platform digital lainnya menjadi media (bagi) UMKM bertahan (dari pandemi) dengan tetap memberikan layanan, dan selain memberikan kontribusi bagi ekonomi nasional, setidaknya juga berkontribusi pada ekonomi keluarga. (Keberadaan) mereka harus bisa meredam dampak perlambatan ekonomi,” tutur Heru.

Meski demikian, Heru juga mengingatkan perlunya insentif bagi UMKM ini agar bisa bertahan, misalnya dalam bentuk permodalan, bantuan pelatihan pemanfaatan teknologi digital, serta berbagai kampanye agar mencintai dan menggunakan produk buatan Indonesia. 

Sementara bagi perusahaan penyedia layanan digitalnya, dia melihat perlunya insentif berupa penundaan perpajakan, atau penundaan angsuran kredit, agar startup tersebut terus terpacu untuk menjawab tantangan pandemi Covid-19, terutama dalam hal mendorong trasformasi layanan ke digital dan lainnya.

Selain bantuan pinjaman modal kerja bagi mitra, Ekonom Indef Bhima Yudhistira bahwa mitra UMKM ini juga memerlukan dukungan lain dalam bentuk internet gratis semasa pandemi.

Gojek dan platform digital lainnya menjadi media (bagi) UMKM bertahan (dari pandemi) dengan tetap memberikan layanan, dan selain memberikan kontribusi bagi ekonomi nasional,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close