Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ekspor Beras Terkendala Bencana

Jumat, 12 Maret 2010 – 18:57 WIB
Ekspor Beras Terkendala Bencana - JPNN.COM
JAKARTA- Seringnya bencana alam yang melanda Indonesia, membuat kebijakan ekspor beras dalam sekala besar tidak dilakukan. Sebab, jika dipaksakan bisa berarti berspekulasi melakukan ekspor mempertaruhkan ketahanan pangan nasional.

"Meski saat ini kita berada dalam posisi surplus, di tahun 2009 sebesar 69 juta ton, namun kita tidak mau berspekulasi dengan pertaruhkan ketahanan pangan nasional. Kondisi Indonesia yang rawan bencana dan memang sering terjadi bencana alam berskala nasional, sementara kita berani melakukan ekspor beras ke luar," kata Dr Iskandar Adi Nuhung, Staf Ahli Bidang Teknologi Kementrian Pertanian, di Jakarta, Jumat (12/3).

Untuk produksi beras kata Adi Nuhung, pada tahun 2014 ditargetkan Indonesia sudah mampu swasembada beras dengan target sebesar 75 juta ton. Di tahun yang sama, Indonesia juga menargetkan swasembada jagung dan kedelai. Tahun 2009 produksi jagung mengalami surplus mencapai 18 juta ton.

"Sedangkan target produksi jagung dalam negeri tahun 2014 sebesar 29 juta ton. Saat ini jagung sudah bisa kita produksi antara 1-1,5 juta ton. Sementara kedelai juga kita targetkan bisa swasembada dengan target produksi 2,7 juta ton," jelasnya.

JAKARTA- Seringnya bencana alam yang melanda Indonesia, membuat kebijakan ekspor beras dalam sekala besar tidak dilakukan. Sebab, jika dipaksakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close