Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ekspresi Kegembiraan Masinton Pasaribu karena Jokowi Tak Menerbitkan Perppu

Jumat, 01 November 2019 – 23:51 WIB
Ekspresi Kegembiraan Masinton Pasaribu karena Jokowi Tak Menerbitkan Perppu - JPNN.COM
Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (5/8). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (Perppu KPK), dipuji oleh Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu.

Diketahui, alasan Presiden ketujuh RI tersebut tidak menerbitkan Perppu untuk membatalkan UU No 19/2019 tentang Perubahan atas UU No. 30/2002 tentang KPK, karena adanya proses uji materi oleh masyarakat di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami mengapresiasi sikap kenegarawanan presiden yang memberikan contoh dan keteladanan penyelenggara negara untuk menghormati ketatanegaraan, hukum dan perundang-undangan yang berlaku," kata Masinton kepada jpnn.com, Jumat (1/11).

Dia mengatakan, sikap presiden sudah tepat dengan tidak menerbitkan Perppu KPK. Apalagi saat ini masih berlangsung uji materi terhadap hasil perubahan UU No. 30 Tahun 2002 jo UU No. 19 Tahun 2019 tersebut di MK.

Masinton menambahkan, semua pihak harus menghormati proses konstitusional dengan uji materi UU KPK yang sedang berlangsung di MK.

"Biarkan hakim-hakim konstitusi berkhidmat dalam pelaksanaan tugas dan kewenangannya memproses dan memutus gugatan uji materi tersebut tanpa ada tekanan dari pihak mana pun, termasuk oleh KPK yang bertugas menjalankan undang-undang," tandas Masinton. (fat/jpnn)

Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (Perppu KPK), dipuji oleh Masinton Pasaribu

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close