Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Elektabilitas Andika-Hendi di Survei LKPI 64,8 Persen, Berpotensi Menang di Pilkada Jateng

Jumat, 06 September 2024 – 09:10 WIB
Elektabilitas Andika-Hendi di Survei LKPI 64,8 Persen, Berpotensi Menang di Pilkada Jateng - JPNN.COM
Calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Jenderal TNI (purn) Andika Perkasa (kiri) dan Hendrar Prihadi melihat surat rekomendasi saat pengumuman bakal calon kepala daerah untuk Pilkada 2024 di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (26/8). Hafidz Mubarak A/rwa./Antara

jpnn.com - Hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) mencatat elektabilitas pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Tengah (Jateng) Andika Perkasa- Hendrar Prihadi alias Hendi menduduki peringkat teratas.

Secara top of mind, elektabilitas Andika-Hendi tercatat 53,7 persen, jauh mengungguli kompetitornya, pasangan Achmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen yang di angka 30,9 persen.

Direktur Eksekutif LKPI Togu Lubis menyebut angka itu diperoleh ketika 1.100 responden disodori pertanyaan spontanitas soal siapa kandidat yang dipilih di Pilgub Jateng. Sementara, 15,4 persen belum menjawab.

Dalam simulasi tertutup menggunakan kuesioner yang berisi nama dan gambar paslon, elektabilitas Andika-Hendi makin moncer di angka 64,8 persen.

"Sementara tingkat elektabilitas Achmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen hanya di angka 31,4 persen, dan yang tidak memilih sebanyak 3,8 persen," ujarnya melalui siaran pers hasil survei, Jumat (6/9/2024).

Melihat tingkat elektabilitas tersebut, pasangan Andika-Hendi dinilai berpotensi menang di Pilkada Jateng 2024.

Dari hasil survei LKPI diketahui bahwa 74,3 persen responden telah menentukan pilihan. Sebanyak 19,1 persen pemilih akan menentukan pilihan pada hari pemilihan dan sebanyak 6,6 tidak menjawab.

Soal tingkat kemantapan pilihan, kata Togu, hasil survei LKPI menunjukkan sebanyak 19,1 persen publik mengaku masih mungkin mengubah pilihan, dan 71,7 persen mengaku tidak akan berubah pilihan alias sudah mantap pada pilihannya, sedangkan 9,2 persen menjawab tidak tahu.

Elektabilitas Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi (Andika-Hendi) di Pilgub Jateng menurut survei LKPI mencapai 64,8 persen. Begini datanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA