Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Elektabilitas Melejit, Ganjar Berpotensi Menang Satu Putaran pada Pilpres 2024

Kamis, 22 Desember 2022 – 16:41 WIB
Elektabilitas Melejit, Ganjar Berpotensi Menang Satu Putaran pada Pilpres 2024 - JPNN.COM
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: dok tim media Ganjar

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Ganjar Pranowo meraup suara 42,8 persen, menurut survei Lembaga Survei Charta Politika Indonesia terbaru pada Kamis (22/12).

Angka ini berpotensi memenangkan pertarungan Pilpres 2024 hanya satu putaran, jika melawan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Data tersebut merupakan simulasi ketika tingkat pengenalan calon diasumsikan sama rata atau mendekati pemilihan dengan tiga nama yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Ganjar berada di angka 42,8 persen.

Sementara di bawahnya Anies Baswedan mendapat 28,1 persen, Prabowo Subianto 23,9 persen, dan responden yang tidak menjawab atau tidak tahu sebanyak 5,2 persen.

"Mas Ganjar naik di angka 42,8 persen jauh meninggalkan Anies diangka 28,1, Pak Prabowo di angka 23,9 persen," ujar Direktur Charta Politika Yunarto Wijaya, Kamis (22/12).

Yunarto menyebut berdasarkan data di atas, Ganjar berpotensi menang hanya satu putaran pada Pilpres 2024, jika melawan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

"Kalau terjadi tiga-tiga nya maju di putaran pertama, kondisi 3 nama ini akan menguntungkan Mas Ganjar karena di situ akan terjadi perpecahan suara antara Anies dengan Prabowo. Ini mungkin saja Pilpres 2024 hanya akan satu putaran,” ucap Yunarto Wijaya.

Ganjar Pranowo berpotensi menang hanya satu putaran pada Pilpres 2024, jika melawan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close