Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Elektabilitas Prabowo Makin Moncer, Ganjar dan Anies? Begini Datanya

Minggu, 19 Februari 2023 – 22:46 WIB
Elektabilitas Prabowo Makin Moncer, Ganjar dan Anies? Begini Datanya - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersalaman dengan Menhan Prabowo Subianto di Kantor Kemenhan, Jakarta, Rabu (18/1). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) menyatakan elektabilitas Prabowo Subianto pada Februari 2023 tertinggi dibanding kandidat lain yang menjadi calon presiden pilihan publik.

"Sampai dengan survei Februari 2023, elektabilitas Prabowo masih bertahan sebagai calon presiden paling utama pilihan publik dengan perolehan persentase 33,0 persen," kata Direktur SPIN Igor Dirgantara di Jakarta, Minggu.

Hasil survei SPIN menunjukkan elektabilitas ketua umum Partai Gerindra itu makin berjarak dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (20,6 persen) dan Anies Baswedan (20,0 persen)

Igor menyebut selisih antara Prabowo dengan Ganjar dan Anies cukup meyakinkan yakni 12,4 persen, sedangkan Ganjar dan Anies hanya terpaut 0,6 persen.

Di sisi lain, capres potensial keempat ditempati Ridwan Kamil dengan elektabilitas 8,0 persen, menggeser jauh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke posisi kelima (3,0 persen).

Sementara itu, kata Igor, elektabilitas Ketua DPR Puan Maharani hanya selisih 0,1 persen dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Igor, ada beberapa indikator yang mendongkrak elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo.

Pertama, adanya endorsement Presiden Jokowi yang secara terus menerus dilakukan terhadap Prabowo. Contohnya, pidato Presiden Jokowi pada HUT Gerindra dan hadirnya suami Iriana itu pada Rapimnas Kemhan.

Survei terbaru SPIN menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto sebagai bakal capres 2024 makin moncer. Bagaimana Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close