Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Emil Salim Kritik Pemindahan Ibu Kota, Cerita tentang Pak Harto

Kamis, 29 Agustus 2019 – 18:24 WIB
Emil Salim Kritik Pemindahan Ibu Kota, Cerita tentang Pak Harto - JPNN.COM
Tugu Monumen Nasional (Monas) yang menjadi ikon DKI Jakarta. Foto: dokumen JPNN.Com/Elfany Kurniawan

jpnn.com, JAKARTA - Emil Salim berharap Presiden Jokowi menerima kritik dan saran terkait pemindahan ibu kota. Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup di era Orde Baru itu mengatakan, pemerintah harus mengutamakan kepentingan terbaik bagi negara dan rakyat.

“Saya berposisi demikian, alasan pindah ibu kota menurut Bappenas saya anggap keliru. Maka saya merasa perlu untuk memohon pada Presiden mendengar pandangan lain,” katanya, Kamis (29/8).

Sebelumnya, pada sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (23/8), Emil mengatakan, jika Jakarta dianggap sudah tak layak menjadi ibu kota negara, ya mestinya diperbaiki. Tidak lantas memindahkan ibu kota.

Emil Salim mengatakan, saran dan kritik yang disampaikan pihak luar terhadap pemerintah, jangan diinterpretasikan sebagai upaya menentang pemerintahan. “Kalau ada beda pendapat dengan Bappenas, bukan berarti menentang pemerintah,” ujarnya.

Dia lantas membandingkan bagaimana Soeharto dengan legawa menerima kritik para ekonom mengenai kondisi perekonomian saat itu.

Dia bercerita, suatu ketika di hadapan sidang DPR, Soeharto mengeluarkan janji politik untuk tidak melakukan devaluasi rupiah. “Semua tepuk tangan,” ujar Emil.

BACA JUGA: Penjelasan Bupati Penajam Paser Utara soal Kabar Lahan Milik Prabowo Subianto

Namun, akibat janji tersebut berimbas pada menciutnya devisa negara. Nilai tukar rupiah tidak realistis. Salah satu jalan keluarnya rupiah harus dievaluasi.

Emil Salim mengingatkan Presiden Jokowi, dalam hal pemindahan ibu kota negara, harus menerima saran dan kritik dari masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close