Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Emmanuel Macron Tolak Pengunduran Diri PM Prancis Gabriel Attal

Selasa, 09 Juli 2024 – 13:03 WIB
Emmanuel Macron Tolak Pengunduran Diri PM Prancis Gabriel Attal - JPNN.COM
Perdana Menteri Prancis Gabriel Attal. (ANTARA/Anadolu)

jpnn.com - ANKARA - Presiden Prancis Emmanuel Macron menolak pengunduran diri Perdana Menteri Gabriel Attal.

Gabriel Attal sebelumnya menyatakan niat mengundurkan diri setelah hasil pemilu dini legislatif menunjukkan tidak ada koalisi-koalisi terbesar partai yang bisa membentuk pemerintahan sendiri.

Saat Attal menemui Macron di Istana Kepresidenan Elysee untuk menyampaikan pengunduran dirinya, presiden justru memintanya bertahan sebagai kepala pemerintahan "untuk saat ini", menurut sumber Elysee kepada stasiun penyiaran  BFMTV.

Selain berterima kasih atas kontribusi Attal dalam kampanye pemilu lalu, Macron juga memintanya tetap bertugas untuk "memastikan stabilitas negara".

Attal sebelumnya menyatakan niat mengundurkan diri seusai hasil awal putaran kedua pemilu legislatif, yang mengindikasikan koalisi politiknya di parlemen kalah, terbit.

"Malam ini, fraksi politik yang saya wakili dalam kampanye ini gagal mendapat suara mayoritas. Oleh karena itu, saya akan menyampaikan pengunduran diri saya kepada presiden besok pagi," kata Attal, Minggu (7/7). Meski demikian, Attal menyatakan kelegaan karena "tak ada kubu ekstrem".

Dia merujuk pernyataannya itu pada partai ekstrem kanan Rassemblement National (RN) dan koalisi sayap kiri Front Populer Baru (NFP), yang mendapat jumlah kursi mayoritas di Majelis Nasional.

Berdasarkan hasil pemilu dari Kementerian Dalam Negeri Prancis, NFP menjadi koalisi terbesar di parlemen usai mendapat 180 kursi dan aliansi pro-Macron, Ensemble, berada di posisi kedua dengan 159 kursi,

Presiden Prancis Emmanuel Macron tolak pengunduran diri PM Prancis Gabriel Attal yang kalah pemilu.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close