Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Empat Juta Hektar Lahan di Kalteng Bermasalah

Senin, 01 Agustus 2011 – 16:25 WIB
Empat Juta Hektar Lahan di Kalteng Bermasalah - JPNN.COM
JAKARTA - Dari beberapa provinsi di Indonesia, Kalimantan Tengah termasuk daerah yang memiliki lahan kawasan hutan bermasalah hukum paling luas. Tercacat, 4 juta hektare lahan di provinsi dengan ibukota Palangkaraya tersebut bermasalah lantaran tidak mendapatkan hak pelepasan kawasan hutan namun tetap dikelola.

“Kalimantan Tengah banyak sekali yang bermasalah, kalau tidak salah sekitar 4 juta hektare yang bermasalah secara hukum karena tidak mendapatkan hak pelepasan,” kata Wakil Ketua Komisi  IV DPR RI E Herman Khaeron kepada JPNN di Jakarta, Senin (1/8).

Mayoritas kawasan hutan yang bermasalah hukum tersebut dilepas tanpa izin untuk kepentingan perkebunan dan pertambangan. Herman sendiri menyebutkan bahwa status para pelaku penggunaan kawasan hutan tanpa izin tersebut saat ini masih berstatus tersangka.

Selama belum ada proses hukum lanjutan, ujar Herman, maka Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Kalimantan Tengah belum akan disetujui. “Kalimantan Tengah menunggu proses hukum, semua masih tersangka, kita tidak boleh berburuk sangka, tunggu saja proses hukumnya,” cetus Herman.

JAKARTA - Dari beberapa provinsi di Indonesia, Kalimantan Tengah termasuk daerah yang memiliki lahan kawasan hutan bermasalah hukum paling luas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close