Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Empat Saran Emrus Sihombing untuk Hadapi COVID-19 di Indonesia

Rabu, 25 Maret 2020 – 21:35 WIB
Empat Saran Emrus Sihombing untuk Hadapi COVID-19 di Indonesia - JPNN.COM
Pekerja bekerja keras menyiapkan RS Darurat Penanganan COVID-19. Foto: ANTARA/HO-Kementerian PURR

Direktur Lembaga EmrusCorner Emrus Sihombing mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah pusat dan daerah dalam mengatasi wabah virus corona atau COVID-19. Namun, ujar Emrus, masih ada empat upaya yang sangat strategis yang dapat dilakukan atau lebih dimaksimalkan.

"Pertama, semua harus segera mewujudnyatakan Maklumat Kapolri dalam keseharian kita," katanya, Rabu (25/3).

Menurut dia, sekalipum maklumat dapat diartikan sebagai pemberitahuan atau pengumuman, demi keselamatan bersama dari serangan virus corona maka tidak ada salahnya setiap WNI memaknai dan membuat isi maklumat tersebut sebagai kewajiban.

"Bila perlu menjadi keharusan yang dilakukan setiap individu warga masyarakat dan negara," ungkapnya.

Menurut dia, dalam melaksanakan Maklumat Kapolri yang sangat bagus ini, harus ada penegakan hukum dan peraturan yang terkait dengan penanganan wabah penyakit menular secara tegas, namun tetap tetukur. "Lebih cepat lebih baik," tegasnya.

Kedua, mutlak harus ada unit kerja di setiap tingkatan gugus tugas melakukan pengawasan secara ketat. Misalnya pelayanan publik di bandara, apakah semua orang di sana sudah melakukan jarak fisik satu dengan yang lain yang memadai.

Unit ini mengawasi secara terukur semua protokol yang sudah dirumuskan oleh setiap tingkatan gugus tugas.

Contoh sederhana lainnya, bagaimana penyediaan hand sanitizer dan masker di setiap bandara dan pasokan ke apotik milik BUMN.

Direktur Lembaga EmrusCorner Emrus Sihombing mengatakan ada empat upaya yang sangat strategis yang dapat dilakukan atau lebih dimaksimalkan untuk menghadapi virus corona atau COVID-19..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close