Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Emrus: Temuan Obat Covid-19 Harus Valid dari Aspek Metodologi

Jumat, 21 Agustus 2020 – 08:12 WIB
Emrus: Temuan Obat Covid-19 Harus Valid dari Aspek Metodologi - JPNN.COM
Emrus Sihombing. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif EmrusCorner Emrus Sihombing mengatakan temuan obat Covid-19 harus valid dari aspek metodologi.

Menurut Emrus, penelitian dalam rangka menemukan obat Covid-19 masih berproses dari aspek metodologi penelitian ilmiah, terutama pada randomisation (pengacakan) subjek penelitian.

Sebab, kata Emrus, randomisation (pengelompokan) subjek penelitian dalam eksprimen sangat-sangat penting dan kritis agar menghasilkan efek yang benar hanya disebabkan oleh manipulasi yang dilakukan pada variabel penyebab (stimuli).

Menurutnya, saat ini tengah terjadi dialektika ilmiah yang sangat bagus dan produktif di antara para ilmuan yang kompeten di bidanganya.

Dia mengatakan dialektika ini harus berjalan dan dipelihara agar hasilnya benar-benar valid.

"Tesis dan antitesis dalam diskusi ilmiah itu biasa. Tujuannya, agar temuan penelitian sungguh-sungguh valid supaya benar-benar aman digunakan dan mempunyai manfaat yang sangat tinggi bagi para pasien penderita Covid-19," kata Emrus, Kamis (20/8) malam.

Karena itu, dia mengingatkan, semua pihak dalam wacana publik harus tertuju pada proses, metode dan kemanfaatan temuan penelitian yang valid secara ilmiah.

"Jadi, jangan sampai publik terjebak pada dukung mendukung terhadap output semata-mata," ungkap pengajar di Universitas Pelita Harapan (UPH) ini.

Penemuan obat untuk penyembuhan pasien Covid-19 harus benar-benar valid dari aspek metodologi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close