Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KSAD Siap Bantu IAI untuk Riset Uji Klinis Obat COVID-19

Kamis, 20 Agustus 2020 – 23:33 WIB
KSAD Siap Bantu IAI untuk Riset Uji Klinis Obat COVID-19 - JPNN.COM
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Dekan Fakultas Farmasi Unjani di Markas Besar Angkatan Darat.

Kegiatan pertemuan ini sengaja digelar untuk membahas pengajuan kerja sama penanganan COVID-19 antara IAI dengan TNI AD.

Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat IAI Keri Lestari mengatakan, riset uji klinik obat COVID-19 menjadi pembahasan utama dalam pertemuan tersebut.

Pasalnya, IAI akan melaksanakan riset terhadap obat yang bahan bakunya asli dari Indonesia di antaranya kina dan jejamuan.

"Kami dari Apoteker Indonesia menyikapi situasi COVID-19 yang saat ini luar biasa baik dari segi obat atau vaksinya. Sehingga kami ada beberapa riset yang dilakukan uji klinik karena itu memang kompetisi bagi kami. Kalau menggunakan obat-obatan Indonesia maka pengendalian pandemi paralel dengan aktivasi Indonesia," kata dia sebagaimana video yang diunggah akun TNI AD di YouTube pada Kamis (20/8).

Selain itu, untuk perizinan uji klinik dari Badan POM, sudah hampir selesai sehingga jika kerja sama ini diterima oleh TNI AD maka riset uji klinis pada kina untuk menjadi obat COVID-19 segera berjalan. IAI juga akan melibatkan Fakultad Farmasi Unjani dalam riset.

Menyikapi hal tersebut, Jenderal Andika mengaku siap untuk mendukung penuh. Apalagi hal ini untuk bisa melawan pandemi COVID-19.

"Saya akan mendukung untuk riset itu. Segera lakukan pertemuan untuk paparan lebih jelas lalu lanjutkan dengan MoU dan langsung jalankan. Kita harus cepat karena ini adalah solusi untuk seluruh pihak tanpa terkecuali," kata Andika. (cuy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa membahas pengajuan kerja sama penanganan COVID-19 antara IAI dengan TNI AD.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close