Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Erdogan Siap Kirim Pasukan, Libya Bisa Jadi Arena Pertempuran Turki Vs Saudi

Senin, 23 Desember 2019 – 22:47 WIB
Erdogan Siap Kirim Pasukan, Libya Bisa Jadi Arena Pertempuran Turki Vs Saudi - JPNN.COM
Tentara Turki. Foto: ANP

jpnn.com, ANKARA - Kemenangan di Suriah tampaknya belum memuaskan nafsu berperang Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Kini dia berencana mengirim tentara Turki ke medan perang baru, Libya.

Dalam pidatonya di Provinsi Kocaeli, Minggu (22/12), Erdogan mengaku tengah mempertimbangkan dukungan militer apa saja yang akan diberikan kepada Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang dipimpin oleh Perdana Menteri Fayez al-Serraj.

"Kami akan mengevaluasi semua jenis dukungan militer termasuk opsi darat, laut dan udara jika perlu," kata Erdogan seperti dimuat Al Jazeera.

GNA sendiri selama beberapa bulan terakhir tengah berkonflik dengan komandan militer pemberontak Libya, Khalifa Haftar. Sementara Turki mendukung GNA, Haftar memiliki garda pendukung dari Mesir, Uni Emirat Arab, Yordania, Arab Saudi, dan Rusia.

Dukungan dari Turki mengikuti ditekennya perjanjian peningkatan kerja sama militer dan batas-batas laut Mediterania dengan Libya. Padahal, negara-negara yang memiliki klaim atas wilayah yang kaya akan hidrokarbon tersebut termasuk Yunani, Israel, dan Mesir.

"Tidak ada yang boleh datang kepada kita dengan upaya untuk mengecualikan kita, menjebak kita di pantai kita sendiri atau mencuri kepentingan ekonomi kita. Kami tidak berniat memulai konflik dengan siapa pun tanpa alasan, atau merampas hak siapa pun," lanjut Erdogan.

Dukungan militer yang digaungkan oleh Turki untuk Libya juga tidak sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengembargo senjata untuk Libya untuk mencegah konflik berdarah terus berlangsung. (rmol/jpnn)

Kemenangan di Suriah tampaknya belum memuaskan nafsu berperang Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Kini dia berencana mengirim tentara Turki ke medan perang baru, Libya.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Kafe Kaifa

    Senin, 08 April 2024 – 13:06 WIB
    Kafe Kaifa - JPNN.com
  • Sepak Bola

    Timnas U-23 Indonesia Kalah, Ada Evaluasi Penting dari STY

    Sabtu, 06 April 2024 – 06:08 WIB
    Timnas U-23 Indonesia Kalah, Ada Evaluasi Penting dari STY - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Said Abdullah

    Senin, 25 Maret 2024 – 07:07 WIB
    Said Abdullah - JPNN.com
  • Eropa

    Putin Menang Telak di Pilpres Rusia, Erdogan Menyambut Gembira

    Selasa, 19 Maret 2024 – 14:36 WIB
    Putin Menang Telak di Pilpres Rusia, Erdogan Menyambut Gembira - JPNN.com
X Close