Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

ESB dan Foodizz Ajak Pelaku UMKM Kuliner Jadi Juara Lokal lewat Roadshow Nasional

Rabu, 24 Mei 2023 – 06:52 WIB
ESB dan Foodizz Ajak Pelaku UMKM Kuliner Jadi Juara Lokal lewat Roadshow Nasional - JPNN.COM
ESB menggandeng Foodizz Academy menggelar roadshow yang bertajuk F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal mulai Maret. Foto: Dok ESB

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian RI mencatat terdapat kenaikan sebesar 3,68 persen pada segi pertumbuhan sektor industri restoran dan rumah makan di 2022.

Namun, angka tersebut meningkat dari 2021 yang hanya sebesar 2,95 persen.

Di sisi lain, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mencatat, kuliner merupakan subsektor penyumbang terbesar dari Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif.

Subsektor kuliner menyumbang Rp 455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total PDB ekonomi kreatif sebesar Rp 1.134 triliun pada 2020.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada 2019, jumlah Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Indonesia mencapai 3.996.325. Di Jawa Timur terdapat 746.732 UMK, kemudian di Jawa Tengah terdapat 569.896 UMK, di DKI Jakarta terdapat 285.880 UMK, dan di Bali terdapat 53.971 UMK.

Melihat hal itu, PT Esensi Solusi Buana (ESB) menggandeng Foodizz Academy menggelar roadshow yang bertajuk F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal mulai Maret hingga Agustus 2023.

Roadshow ini dapat diikuti secara gratis oleh para pebisnis kuliner lokal di kota Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bali.

“F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal adalah komitmen ESB dengan menggandeng Foodizz Academy untuk mendukung perkembangan bisnis kuliner lokal. Khususnya di Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bali sebagai kota-kota besar yang potensi bisnisnya terus meningkat”, ujar CEO dan Co-Founder ESB, Gunawan.

ESB menggandeng Foodizz Academy menggelar roadshow yang bertajuk F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal mulai Maret

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close