Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bisnis Kuliner Bandung Makin Menanjak, ESB Hadir di BIFHEX 2023

Sabtu, 04 Februari 2023 – 18:14 WIB
Bisnis Kuliner Bandung Makin Menanjak, ESB Hadir di BIFHEX 2023 - JPNN.COM
PT Esensi Solusi Buana (ESB) hadir di Bandung International Food & Hotel Expo (BIFHEX) 2023 di Sudirman Grand Ballroom, Bandung. Foto: Dok ESB

jpnn.com, BANDUNG - Perkembangan bisnis pada sektor industri restoran dan rumah makan makin berkembang seiring dengan memulihnya pandemi COVID-19 pada 2022 lalu.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada 2020, Jawa Barat berada di posisi kedua nasional dengan jumlah usaha penyedia makanan dan minuman sebanyak 1.414 usaha.

Kemudian, pada 2022 Kementerian Perindustrian mencatat terdapat kenaikan sebesar 3,68 persen pada segi pertumbuhan sektor industri restoran dan rumah makan. Angka tersebut meningkat dari 2021 lalu yang hanya sebesar 2,95 persen.

Digitalisasi menjadi salah satu jalan yang paling ampuh untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Operasional restoran atau bisnis kuliner dapat lebih efektif dan efisien.

PT Esensi Solusi Buana (ESB) hadir sebagai solusi akselerasi bisnis kuliner di Indonesia.

ESB adalah perusahaan yang hadir pada 2018 dan menggandeng hampir 8,000 merchant yang sudah terintegrasi dengan ekosistem ESB. Merchant tersebut tersebar di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Solo, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Bali.

CEO dan Founder ESB, Gunawan mengatakan pihaknya menghadirkan teknologi software yang terintegrasi khusus untuk operasional bisnis kuliner F&B, baik restoran, cloud kitchen, warung makan, dan perhotelan.

Teknologi ESB memiliki ekosistem mulai dari proses pemesanan dengan berbagai macam jenisnya, pembayaran kasir, pencatatan pesanan, procurement, loyalty program, hingga booking system.

Perkembangan bisnis pada sektor industri restoran dan rumah makan makin berkembang seiring dengan memulihnya pandemi COVID-19 pada 2022 lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close