Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Etos Gibran Rakabuming Raka Mengawal Kerukunan Umat Beragama

Oleh: Rika

Jumat, 09 Februari 2024 – 11:42 WIB
Etos Gibran Rakabuming Raka Mengawal Kerukunan Umat Beragama - JPNN.COM
Humas Organisasi Pencinta Alam Almawahdah Wa Rohmah (OPA Al Mawar) Rika. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com - Kemajemukan masyarakat Indonesia, yang dahulu dianggap sebagai pendorong pembangunan, kini dihadapkan pada tantangan yang signifikan.

Dalam beberapa tahun terakhir, dinamika kemajemukan ini tidak lagi memberikan kekuatan, melainkan menjadi beban yang merugikan pembangunan bangsa.

Paradoxically, negara tampaknya kurang proaktif dalam menanggapi masalah ini, bahkan terlihat membiarkan aksi intoleransi berkembang tanpa hambatan (Hutabarat & Panjaitan, 2016).

Laporan Indeks Kota Toleran Tahun 2021 dari Setara Institute mencerminkan bahwa kemajuan toleransi di kota-kota bergantung pada kualifikasi kepemimpinan kota.

Sebagai negara demokratis, Indonesia diharapkan dapat mencapai keseimbangan peran antara pemerintah, swasta, dan masyarakat sipil.

Keseimbangan ini diyakini bergantung pada kualifikasi pemimpin di setiap wilayah kota (Setara Institute for Democracy and Peace, 2021).

Pancasila dan UUD NRI 1945 diharapkan menjadi pilar rohaniah yang mengandung nilai-nilai fundamental sejalan dengan perkembangan masyarakat, bangsa, dan negara.

Agenda nasional terkait Pancasila harus terintegrasi dalam struktur kekuasaan, di mana lembaga perwakilan dan permusyawaratan memiliki peran sentral dalam merumuskan dan membentuk nilai-nilai menjadi sistem norma.

Salah satu prioritas program Gibran Rakabuming Raka adalah memelihara kerukunan antar umat beragama, kebebasan beribadah, dan perawatan rumah ibadah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close