Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Evaluasi 3 Tahun Kabinet Kerja, Kemenkop UKM Klaim Berhasil

Selasa, 17 Oktober 2017 – 20:11 WIB
Evaluasi 3 Tahun Kabinet Kerja, Kemenkop UKM Klaim Berhasil - JPNN.COM
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) AAGN Puspayoga. FOTO: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mengklaim berhasil menjalankan program pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Dalam agenda Nawa Cita Jokowi-JK, kementerian yang dipimpin AAGN Puspayoga mengemban mandat Nawacita ke-6, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional dan Nawa Cita ke-7 menggerakkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Menkop UKM AAGN Puspayoga menyampaikan tiga program prioritas kementeriannya yaitu pengembangan koperasi dan UKM, akses pembiayaan, dan pemberdayaan UMKM melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional.

"Ketiganya dijabarkan dalam berbagai program strategis," kata Puspayoga saat konferensi pers Capaian Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK bertajuk “Perwujudan Indonesia Sentris dan Pembangunan Kewilayahan Secara Merata” di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/10).

Dalam melakukan reformasi koperasi, Kemenkop UKM telah memperbaiki dan membangun database system koperasi melalui online database system (ODS) untuk mendapatkan data koperasi yang akurat. Setelah pemutakhiran ODS, dihasilkan data koperasi aktif 153.171 unit, dan koperasi dibubarkan 40.013 unit.

Kemenkop UKM juga telah mendorong percepatan penyaluran KUR. Berdasarkan data penyaluran KUR telah mencapai Rp 69,6 triliun atau 65,5% dari total target KUR sebesar Rp 106,2 triliun kepada 3.098.515 juta debitur.

Puspayoga menambahkan, program strategis yang dijalankan Kementerian Koperasi dan UKM memberikan dampak pada peningkatan kontribusi PDB koperasi terhadap PDB nasional dari 1,71 persen pada 2014 naik menjadi 3,99 persen pada 2016, serta rasio kewirausahaan nasional yang pada 2014 masih 1,65 persen melonjak menjadi 3,01 persen.(fat/jpnn)

Kemenkop UKM telah memperbaiki dan membangun database system koperasi melalui online database system (ODS) untuk mendapatkan data koperasi yang akurat

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close