Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Extravaganjar Serahkan 8 Gagasan Industri Musik Indonesia, Ini Isinya

Kamis, 16 November 2023 – 21:47 WIB
Extravaganjar Serahkan 8 Gagasan Industri Musik Indonesia, Ini Isinya - JPNN.COM
Extravaganjar menyerahkan 8 Gagasan Industri Musik Indonesia kepada TPN Ganjar-Mahfud. Foto: XVG

jpnn.com, JAKARTA - Organ sukarelawan Ganjar Pranowo, Extravaganjar (XVG) menyerahkan 8 Gagasan Industri Musik Indonesia, kepada Arjad Rasjid, Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Penyerahan 8 gagasan itu dilakukan tim Extravaganjar bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, 10 November.

Ketua Umum Extravaganjar Adi Adrian berharap 8 gagasan itu bisa digunakan sebagai referensi utama dalam mengelola ekonomi kreatif, khususnya di sektor musik.

"Kami menyerahkan 8 Gagasan Industri Musik Indonesia untuk Mas Ganjar dan Prof. Mahfud, melalui Pak Arsjad Rasjid," kata Adi Adrian, dalam keterangannya, Kamis (16/11).

Adapun 8 Gagasan Industri Musik Indonesia, itu adalah:

Gagasan 1: Presiden adalah “Aktor Utama” untuk memastikan ekosistem dan mesin industri kreatif berjalan dengan optimal. Mekanisme pengelolaan industri kreatif tersebut, melalui institusi negara khusus ekonomi kreatif setara kementerian.

Tugasnya membuat regulasi, melakukan pengawasan dan fasilitasi industri kreatif, serta roadmap jangka pendek dan Panjang menyambut Indonesia Emas 2045. Prosesnya, mulai dari kegiatan hulu (produksi) sampai hilir (penjualan) yang pada akhirnya akan mampu menyumbangkan kontribusi pada PDB yang signifikan.

Gagasan 2: Pemerintah meningkatkan dana abadi (endowment find) yang melibatkan partisipasi dan sinerji pihak swasta besar dan BUMN. Para pihak diharapkan untuk berinvestasi dan membiayai kegiatan industri kreatif andalan, melalui penyediaan infrastruktur fisik ruang kreatif dan gedung pertunjukan, termasuk membuat Creative Hub di daerah-daerah strategis.

Extravaganjar menyerahkan 8 Gagasan Industri Musik Indonesia kepada TPN Ganjar-Mahfud. Ini isinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close